Pengertian Search Engine, Fungsi, Serta Macam-Macamnya

Pengertian Search Engine – Apa yang kalian pikirkan saat mendengar istilah search engine atau mesin pencari? Sebagian besar pasti membayangkan Google. Tidak salah juga karena google merupakan search engine paling populer, walaupun sebenarnya ada search engine lain seperti Yahoo, Bing, DuckDuckGo, Yandex, MSN, dan masih banyak lagi.

Pengertian Search Engine

Intinya, hampir semua orang yang hidup di planet ini pasti sudah akrab dengan search engine, tapi apa yang dimaksud search engine itu?

Berdasarkan informasi dari Wikipedia, search engine merupakan program komputer yang dirancang untuk melakukan pencarian atas berkas-berkas yang tersimpan di World Wide Web (WWW), File Transfer Protocol (FTP), milis, maupun news group.

Jadi definisi di atas, bisa diambil kesimpulan bahwasanya kerja search engine adalah dengan mengumpulkan semua informasi yang ada di seluruh bagian internet. Untuk mencari informasi yang diinginkan, kita tinggal mengetikkan kata kunci tertentu.

Selanjutnya search engine akan memberikan daftar hasil pencarian dalam bentuk SERP atau Search Engine Result Page, dimana konten paling relevan akan menempati urutan teratas dan diikuti konten yang kurang relevan.

Dan setiap mesin pencari menggunakan algoritma atau logika yang berubah-ubah dalam menentukan tingkat relevansi setiap konten. Sehingga jangan heran kalau posisi konten dalam SERP bisa berubah-ubah, tergantung dari relevansi konten tersebut.

Algoritma yang selalu berubah ini bertujuan untuk meningkatkan keamanan serta meningkatkan kompetisi antar website dalam menampilkan konten terbaiknya.

Fungsi Search Engine

Seperti namanya, fungsi utama dari search engine adalah untuk mencari informasi. Kalau zaman dulu kita harus membolak-balik buku atau tanya sana-sini untuk mencari bahan kuliah, berita, dan informasi lainnya, maka mesin pencari akan memberi jawaban hanya dengan sekali klik.

Tapi ternyata sekarang ini search engine sudah lebih daripada sekedar mesin pencari informasi. Ingin tahu pemanfaatan dan fungsi search engine? Simak penjelasan berikut ini.

Baca Juga  Apa itu Freelance dan Untung Rugi Bekerja Sebagai Freelancer

1.Memasarkan produk

Salah satu manfaat terbesar yang dirasakan dari search engine adalah bisa digunakan untuk memasarkan produk. Para bisnisman atau pemilik usaha hanya perlu membuat iklan semenarik mungin. Dengan konten berkualitas, maka iklan tersebut bisa terindeks search engine dan menempati peringkat atas.

Setelah itu, iklan produk segera muncul di search engine saat ada orang yang mengetik kata kunci yang relevan. Contohnya kalau kita mengetik kata kunci “Gudeg Jogja”, maka segera muncul rumah makan yang sesuai dengan kata kunci terebut.

Selain itu, pemilik usaha juga bisa memanfaatkan layanan berbayar agar usahanya mendapat prioritas muncul di search engine tersebut.

2.Mencari program atau software komputer

Bagi kalian yang sedang mencari software komputer, tidak perlu menyewa ke rental CD lagi. Karena kalian bisa menemukan software lewat mesin pencari. Mesin pencari akan menampilkan berbagai alamat web yang menyediakan link download software tersebut.

Walau begitu, kalian tetap harus berhati-hati. Karena tidak semua link download tersebut berisi software yang kalian cari. Ada kalanya berisi malware atau virus yang justru berbahaya bagi perangkat komputer.

3.Mencari lokasi

Meskipun tidak ada aplikasi maps di smartphone kita, kalian tetap bisa menemukan lokasi. Caranya adalah dengan mengetikkan alamat lengkap di mesin pencari. Dalam waktu singkat, mesin pencari akan menampilkan peta dan menunjukkan arah untuk mencapai lokasi tersebut.

4.Mencari bahan kuliah

Bisa dibilang mahasiswa dan pelajar zaman now mendapat banyak kemudahan dari mesin pencari. Karena bahan kuliah serta materi pelajaran bisa didapat dengan mudah. Mereka bisa mendapat penjelasan bahan kuliah dalam berbagai bentuk. Baik teks, gambar, maupun video.

Kalian tinggal mengetik kata kunci, maka dalam waktu singkat mesin pencari akan menampilkan materi kuliah dari berbagai sumber.

5.Membantu menemukan tutorial

Apakah kalian ingin tahu cara membuat gudeg, ingin mahir software desain, pemrograman komputer, atau ingin tahu cara mengedit foto? Semua tutorial ini bisa didapatkan di mesin pencari. Tutorial bisa berupa tulisan atau video akan memandu kalian mneyelesaikan pekerjaan secara step by step.

Baca Juga  8 Aplikasi Edit Foto Gratis Untuk Android

6.Sumber ilmu pengetahuan

Ada pepatah buku adalah sumber ilmu atau buku adalah jendela dunia. Tapi sekarang tampaknya pepatah tersebut sedikit bergeser. Search engine bisa diibaratkan sebagai sumber ilmu pengetahuan yang sangat kaya. Karena ilmu pengetahuan dalam bidang apa saja, kita bisa menemukannya di search engine.

Macam-Macam Search Engine

Seperti disebutkan di atas bahwa mesin pencari selalu identik dengan Google. Bisa dikatakan kalau Googlelah yang menguasai pasar mesin pencari, walau sebenarnya jumlah mesin pencari ada lebih dari 20.

Kalau bicara Google, mungkin kita semua sudah tahu. Karena itu kali ini kami akan mengupas satu per satu nama-nama search engine selain Google.

1.Yahoo

Yahoo merupakan pemimpin pasar mesin pencari di awal 2000-an. Banyak orang yang mengenal email, chat, dan mesin pencari karena layanan Yahoo. Tapi memang Yahoo sekarang ini seperti kehilangan pamor. Padahal masih banyak layanan Yahoo yang menarik.

Begitu masuk ke halaman berandanya, kalian langsung disambut dengan bermacam info menarik seputar dunia hiburan, olahraga, politik, ekonomi, dll. Bahkan Yahoo Finance masih menjadi referensi utama dalam bisnis dan ekonomi.

2.Bing

Di Indonesia, mungkin tidak banyak yang mengenal Bing.com. Tapi search engine milik microsoft ini menjadi terbesar kedua di Amerika Serikat. Bahkan Bing memberikan USD 7,5 Milyar kepada Microsoft, hanya dari iklan yang ada di mesin pencarinya.

Dalam hal kecanggihan mesin pencari. Microsoft telah melengkapi Bing dengan teknologi Kecerdasar Buatan (AI). Teknologi ini diharapkan mampu menjadikan Bing menampilkan hasil pencarian yang lebih baik.

3.DuckDuckGo

Duckcuckgo sangat cocok bagi pengguna internet yang mengutamakan kerahasiaan data pribadi. Karena situs ini menjamin tidak akan mencatat data pribadi penggunanya. Bahkan mereka merancang mesin pencari yang tidak bisa melihat IP Address penggunanya.

Baca Juga  10 Manfaat Tes Minat Bakat Yang Harus Diketahui

Kebijakan perlindungan data ini menjadikan pengguna DuckDuckGo terus melonjak dari tahun ke tahun. Data pada 2019 lalu menunjukkan ada sekitar 31 miliar pencarian per hari yang dilakukan di DuckDuckGo.com.

4.Ask

Ask.com sebenarnya sudah ada sejak 1996 dan lebih dikenal sebagai situs tanya jawab. Setelah sempat tenggelam, sekarang Ask mulai bangkit lagi, bahkan mendapat sambutan baik dari pengguna internet di seluruh dunia. Saat kita mengetikkan kata kunci, Ask.com akan menampilkan begitu banyak informasi yang relevan.

5.Yandex

Tidak mau kalah dengan Tionkok, Rusia juga punya mesin pencari buatan anak negeri, yaitu Yandex.com. Karena itu sampai saat ini Yandex masih menjadi pemimpin di Rusia dengan menguasai lebih dari 50% pasar Rusia. Yandex juga mampu eksis di negara bekas Uni Soviet lainnya seperti Ukraina, Belarusia, Kazakhstan, Uzbekistan, dll.

6.Baidu

Google memang menjadi raja di dunia search engine, tapi tidak di Tiongkok. Sekitar 80% pangsa pasar mesin pencari di Tiongkok dikuasai oleh Baidu. Bagi pebisnis yang ingin melebarkan pasar di Tiongkok, maka beriklan di Baidu menjadi keharusan.

7.AOL

Mesin pencari AOL atau AOL Search merupakan salah satu bisnis dari perusahaan media massa yang berpusat di New York. Mereka bekerja sama dengan Bing dalam menyediakan hasil pencarian. Salah satu yang disukai dari AOL adalah tampilannya yang cukup sederhana. Ini membuat penggunanya merasa nyaman saat berselancar.

Search engine memang memberi banyak kemudahan dalam kehidupan. Dan fungsi-fungsi ini diperkirakan akan terus berkembang. Bahkan bukan tidak mungkin manusia mengalami ketergantungan pada search engine.

Nah demikian tadi ulasan mengenai apa itu search engine, fungsi, serta beberapa situs yang memberikan layanan mesin pencari. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita mengenai mesin pencari.

(Visited 31 times, 1 visits today)

Leave a Reply