Penulisan Tanggal Dalam Bahasa Inggris

8 Kaedah Penulisan Tanggal Dalam Bahasa Inggris Yang Benar

Penulisan Tanggal Dalam Bahasa Inggris – Penulisan tanggal, bulan, dan tahun pasti tidak bisa lepas dari keseharian kita. Saat membuat undangan penikahan, meeting, syukuran, dll, pasti dicantumkan tanggal pelaksanaannya. Nah pernahkah kalian melihat undangan dengan format penulisan tanggal seperti ini: 16th June 2019 atau Wednesday, Jan 1st 2020?

Baca juga ” Bedanya AM dan PM serta Contoh Pemakaian Dalam Kalimat

Ya, itu tadi adalah contoh penulisan tanggal dalam bahasa Inggris. Karena memang cara penulisan tanggal dalam bahasa Inggris itu berbeda dengan biasa kita dapati dalam bahasa Indonesia. Untuk tanggal, penulisannya menganut urutan seperti di bawah ini

1st (First): pertama
2nd (Second): kedua
3rd (Third): ketiga
4th (Fourth): keempat
5th (Fifth): kelima
6th (Sixth): keenam
7th (Seventh): ketujuh
8th (Eighth): kedelapan
9th (Ninth): kesembilan
10th (Tenth): kesepuluh
11th (Eleventh): kesebelas
12th (Twelfth): keduabelas
13th (Thirteenth): ketiga belas
14th (Fourteenth): keempat belas
15th (Fifteenth): kelima belas
16th (Sixteenth): keenam belas
17th (Seventeenth): ketuju belas
18th (Eighteenth): kedelapan belas
19th (Nineteenth): kesembilan belas
20th (Twentieth): kedua puluh
21st (Twenty first): kedua puluh satu
22st (Twenty second): kedua puluh dua
23st (Twenty third): kedua puluh tiga
24st (Twenty fourth): kedua puluh empat
25st (Twenty fifth): kedua puluh lima
26st (Twenty sixth): kedua puluh enam
27st (Twenty seventh): kedua puluh tujuh
28st (Twenty eighth): kedua puluh delapan
29st (Twenty ninth): kedua puluh sembilan
30th (Thirtieth): ketiga puluh
31st (Thirtieth first): ketiga puluh satu

Sedangkan untuk penulisan nama bulan, hanya beberapa saja yang sedikit berbeda dengan biasa kita tulis di Indonesia

January (Jan)
February (Feb)
March (Mar)
April (Apr)
May (May)
June (Jun)
July (Jul)
August (Aug)
September (Sep)
October disingkat Oct
November (Nov)
December (Dec)

Baca Juga  Rumus, Fungsi Dan Contoh Kalimat Present Continuous

Kira-kira seperti itulah penulisan tanggal dan bulan. Tapi ternyata di negara barat sendiri, ada beberapa cara menuliskan tanggal berdasarkan formalitas serta kebiasaan di daerah tersebut. Kalian pasti tahu kalau ada banyak perbedaan bahasa Inggrisnya orang Amerika (American English) dan orang Inggris (British English).

Perbedaan ini ada juga dalam penulisan tanggal. Umumnya, urutan penulisan tanggal menurut British English sama dengan di Indonesia, yaitu tanggal-bulan-tahun. Sedangkan American English menganut urutan bulan-tanggal-tahun.

Nah ingin tahu bagaimana variasi penulisan tanggal berbahasa Inggris? Yuk simak penjelasan di bawah ini

Format 1

Yang pertama, kita bisa menuliskan tanggal dalam bentuk sangat formal. Bentuk ini mungkin tidak terlalu populer bagi kita. Tapi di negara asalnya, bentuk formal ini sering digunakan pada undangan, surat dinas, surat resmi, dll.

American English: November the eleven, 2019
British English: The eleven of November, 2019

Nah kalian masih ingat kan kalau cara penulisan ini pernah kalian dapatkan di pelajaran bahasa Inggris SD dan SMP. Jadi, silakan diingat-ingat lagi ya!

Penulisan Tanggal Dalam Bahasa Inggris

Format 2

Nah kalau yang format kedua ini bisa jadi cukup populer dan sering kita temui. Berbeda dengan format pertama, format kedua ini termasuk penulisan tanggal tidak terlalu formal dan lebih fleksibel digunakan.

Walau bukan termasuk penulisan formal, tapi format kedua ini masih terhitung sopan lho. Kalian juga bisa menggunakannya pada surat resmi seperti surat lamaran kerja atau dalam percakapan sehari-hari.

American English: August 16th, 2020
British English: 16th August 2020

Format 3

Kalau format yang ketiga ini, dijamin tidak membingungkan. Karena penulisan tanggalnya sama dengan Indonesia dan penulisan tanggalnya tidak menggunakan tambahan st, nd, rd, dan th. Dan untuk American English, posisi tanggal dan bulannya dibalik.

Baca Juga  Contoh Sinopsis Dongeng Bahasa Inggris

American English: February 15, 2020
British English: 15 February 2020

Format 4

Bagi kalian yang ingin menulis tanggal pada kegiatan yang tidak resmi, misalnya sekedar menulis pemberitahuan atau memo, kalian bisa menggunakan format keempat ini. Penulisaannya juga sangat sederhana dan mirip dengan cara penulisan tanggal orang Indonesia.

American English: 5/25/2019
British English: 25/5/2019

Gimana? Sangat mudah kan?

Format 5

Kalau format yang ke-5 ini sebenarnya sangat mirip dengan format 4 di atas. Hanya saja, penulisan tahun hanya dicantumkan puluhan dan ratusannya saja. Selain itu, antara American dan British memiliki penulisan sama.

American English: 20/8/81
British English: 20/8/81

Seperti pada format 4, penulisan pada format ke-5 ini juga digunakan dalam suasana kurang formal. Kita bisa menggunakan fortmat ini untuk surat atau pemberitahuan yang bersifat pribadi.

Format 6

Lagi-lagi, fortmat ke-6 ini sangat mirip dengan format 5. Perbedaan penulisan British English sangat tipis, hanya ditambahi angka 0 pada bulan. Walau beda-beda tipis, pemakaiannya berbeda lho. Format ke-6 ini lebih fleksibel dan bisa digunakan pada berbagai suasana, baik formal maupun non formal.

American English: 08/20/81
British English: 20/08/81

Format 7

Penulisan yang ke-7 ini sedikit spesial, karena nama harinya disebutkan. Walau sebenarnya hampir sama dengan format sebelumnya, penambahan nama hari pasti bermanfaat bagi orang yang membacanya.

Sunday, October, 26th, 2019
Wednesday, February 19th, 2020

Format tambahan

Pada hari-hari penting, seringkali tanggalnya tidak disebutkan. Kebanyakan mereka sudah tahu tanggalnya, sehingga cukup disebutkan hari besarnya saja.

Eid Mubarak day
New year’s day atau biasa cukup disebut new year saja

Contoh dalam percakapan

Kaedah penulisan tanggal dalam bahasa Inggris di atas ternyata tidak hanya digunakan secara tertulis saja, tapi juga biasa digunakan dalam percakapan sehari-hari. Ingin tahu contoh yang melibatkan penulisan tanggal? Yuk simak contoh ini

Baca Juga  5 Keuntungan Mengikuti Kursus IELTS Bali Terbaik

•What is the date today? (hari ini tanggal berapa?

Today is 19th February, 2020 atau today is Nineteenth of February two thousand twenty (hari ini adalah tanggal 19 februari 2020)

Today is February 19th, 2020 atau today is February Nineteenth two thousand twenty (hari ini adalah tanggal 19 februari 2020)

•When were you born? (kapan kamu lahir?)

I was born on 1st August 1992 atau I was born on first of August nineteen ninety two (aku lahir pada tanggal 1 agustus 1992)

I was born on 3rd January 2001 atau I was born on third of january two thousand one (aku lahir pada tanggal 3 Januari 2001)

•When is your wedding date? (kapan tanggal pernikahan kamu?)

I will have wedding party on my birthday, which is 2nd March 2020 (aku akan mengadakan pesta pernikahan pada hari ulang tahunku, yaitu 2 Maret 2020)

•When the graduation ceremony will be held? (kapan upacara wisuda akan diadakan?)

Graduation ceremony will be held on Thursday, May 18th 2020 (Upacara wisuda akan diadakan pada hari Kamis, 18 Mei 2020)

•What day is the due date for us to submit homework? (hari apa batas waktu bagi kami untuk menyerahkan PR?)

The due date to submit homework is Wednesday, February 26th 2020 (batas waktu untuk menyerahkan PR adalah hari rabu, 26 Februari 2020)

Nah demikian tadi 8 format penulisan tanggal dalam bahasa Inggris yang benar beserta contohnya, baik dalam bahasa Inggris British dan Amerika. Sangat mudah kan? Semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya!

(Visited 6 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *