Perbedaan TOEFL Dan IELTS Yang Wajib Kamu Ketahui

Perbedaan TOEFL Dan IELTS- Untuk anda yang ingin kuliah ke luar negeri tentunya sudah tidak asing lagi dengan dua test ini, namun apakah anda sudah tahu apa perbedaan TOEFL dan IELTS? Yang manakah yang paling penting? Simak berikut ini.

Perbedaan TOEFL dan IELTS

1. Jenis Test

Test Of English as a Foreign Language atau biasa disebut TOEFL adalah salah satu test yang diperuntukkan bagi orang yang ingin kuliah di luar engeri, atau ingin bekerja di luar negeri, walau juga di dalam negeri juga TOEFL sudah menjadi persyaratan utama untuk beberapa universitas atau instansi tertentu.

Sehingga test ini terdiri atas dua, yaitu official dan institutional.

Baca Juga  Contoh Soal Latihan Test TOEFL Reading dan Structure

Test official bisa berguna untuk semua kepentingan, bisa untuk kepentingan kuliah atau bekerja di luar negeri dan juga untuk di dalam negeri, sedang kan test institutional hanya berlakuk untuk lokal atau dlam negeri, misalnya ingin melanjutkan studi S2 atau untuk persyaratan wisuda dan juga untuk bekerja di instansi tertentu.

Sedangkan International English Language Testing System atau biasa disebut IELTS adalah test kemampuan bahasa inggris yang menggunakan british english, yang lebih dikhususkan untuk kuliah ke luar negeri, misalnya Amerika, Australia dan Selandia Baru, untuk benua Asia, test ini belum di gunakan, masih menggunakan TOEFL sebagai persayratan utama.

Baca Juga  Sudah Sejauh Mana Persiapan Anda Menghadapi Toefl IBT?

2. Cara Test

Untuk test perbedaan TOEFL dan IELTS mempunyai perbedaan yang cukup signifikan, karena saat ini test TOEFL sudah lebih banyak menggunakan test berbasis internet, yaitu ujiannya secara online, baik writing, reading, speaing, san listening.

Sedangkan untuk IELTS ujiannya masih dengan cara tulisan tangan, atau biasa disebut dengan paper test.

3. Durasi Test

Untuk durasi Test, IELTS lebih lama dari TOEFL, untuk IELTS biasanya 2 jam 45 menit, sedangkan TOEFL IBT hanya 2 ja saja.

4. Score

Untuk score maksimal TOEFL adalah 120 dan rata-rata yang diminta adalah antara 80 – 90, sedangkan untuk IELTS rata-rata maksimal scorenya adalah 9, dan rata-rata diminta adalah 6,5 – 7 .

Baca Juga  Toefl IBT Adalah Salah Satu Penentu Untuk Dapatkan Tiket Kuliah Di AS

5. Biaya Test

Perbedaan TOEFL dan IELTS yang terakhir adalah biaya test, biaya untuk TOEFL lebih mahal, yaitu $160 sedangkan untuk IELTS adalah $150.

Sekian untuk perbedaan TOEFL dan IELTS, semoga bermanfaat.

(Visited 87 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *