Perbedaan Universitas dan Institut

Perbedaan Universitas dan Institut

Perbedaan Universitas dan Institut – Bagi kamu yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, dapat memilih universitas ataupun institut. Namun, mana yang lebih tepat untuk dipilih? Kenali beberapa perbedaan institut dan universitas terlebih dahulu, sebagai berikut:

Perbedaan Universitas dan Institut

1. Perbedaan Struktur Jenis Keilmuan

Perbedaan institut dan universitas yang paling nampak adalah pada program ilmu yang disediakan. Institut akan menyediakan program keilmuan yang lebih sedikit dan tidak beragam, tetapi sangat fokus.

Baca juga : Ini Dia 7 Perbedaan S1, S2, dan S3

Universitas adalah jenis perguruan tinggi yang berbasis akademik dan vokasi. Universitas menyelenggarakan pendidikan akademik atau vokasi dengan rumpun ilmu yang sangat banyak. Berikut ini adalah rumpun ilmu yang tercakup dalam universitas :

1) Rumpun Ilmu Alam (Ilmu Fisika, Ilmu Kebumian, Ilmu Alam, Ilmu Kimia, Ilmu Angkasa, Ilmu Biologi, dan lainnya)
2) Rumpun Ilmu Terapan (Bisnis, Pertanian, Arsitektur dan Perencanaan, dan lainnya)
3) Rumpun Ilmu Formal (Matematika, Statistika, Komputer, dan lainnya)
4) Rumpun Ilmu Sosial (Psikologi, Ekonomi, Sosiologi, dan lainnya)
5) Rumpun Ilmu Agama (Ekonomi Islam, Ilmu Penerangan Agama, Syariah, Agama Hindu, dan sebagainya)
6) Rumpun Ilmu Humaniora (Filsafat, Sejarah, Bahasa, dan sebagainya).

Misalnya, di sebuah universitas terdapat beberapa fakultas yang berbeda-beda jenis keilmuan, yaitu:

1) Fakultas Bahasa dan Seni
2) Fakultas Filsafat
3) Fakultas Ilmu Sosial
4) Fakultas Pendidikan
5) Fakultas Ekonomi

Sementara itu Perbedaan Universitas dan Institut yang lain, meskipun institut juga menyelenggarakan pendidikan yang berbasis akademik dan vokasi, tetapi fakultas yang disediakan hanya dari satu jenis keilmuan saja. Misalnya, di dalam sebuah institut seni, maka fakultas yang tersedia adalah seperti:

1) Fakultas Seni Rupa,
2) Fakultas Seni Pertunjukan,
3) dan Fakultas Seni Media Rekam

Baca Juga  Sejarah Perkembangan Komputer Digital Dari Masa ke Masa

Beberapa contoh institut di Indonesia adalah seperti Institut Teknologi Sumatera (ITERA) Institut Pertanian Bogor (ITB), Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Institut Kesenian Jakarta (IKJ), Institut Teknologi Bandung (ITB), dan lainnya.

2. Perbedaan Level Program yang Ditawarkan

Perbedaan institut dan universitas ini penting didasarkan tujuan masing-masing siswa. Jika ingin menjadi seorang akademisi, maka lebih baik masuk ke universitas. Di universitas, siswa dapat meraih gelar akademisi tertinggi. Sementara jika ingin menjadi seorang praktisi, maka lebih baik masuk institut.

Universitas menawarkan program pada level gelar sarjana dan pascasarjana. Sementara institut menawarkan pendidikan pada level kursus sertifikasi dan diploma. Universitas akan menghasilkan siswa yang memiliki gelar tinggi. Sementara institut adalah lembaga pendidikan yang menghasilkan siswa dengan keterampilan yang baik.

3. Perbedaan Spesialisasi

Perbedaan Universitas dan Institut selanjutnya, Universitas adalah perguruan tinggi yang menawarkan banyak program studi. Didalamnya dibentuk departemen yang lebih khusus, yang menangani masing-masing program jurusan. Sementara itu, institut lebih terspesialisasi.

Karena spesialisasi institut, umumnya nama institut akan diikuti dengan nama bidang atau spesialisasi institut itu sendiri. Misalnya institut yang spesialisasinya pada bidang pertanian, akan menyebutkan “pertanian” pada namanya, seperti Institut (Pertanian) Bogor.

Perbedaan Universitas dan Institut

Mengenai spesialisasi institut dan lebih umumnya universitas, terdapat keunggulan masing-masing. Ada siswa yang justru lebih menyukai universitas karena bisa belajar lebih luas. Sementara ada juga yang lebih menyukai institut karena belajar lebih fokus pada suatu bidang.

4. Perbedaan Otonomi

Perbedaan Universitas dan Institut selanjutnya, Universitas adalah perguruan tinggi yang dinilai lebih otonom ketimbang institut. Universitas akan mengatur tubuhnya melalui dewan universitas yang dibentuk berdasarkan hukum. Sementara itu, institut tidak memiliki otonomi pengambilan keputusan dan manajemen.

Baca Juga  Review 8 Kamera Untuk Vlogger Terbaik

Institut akan dikendalikan oleh pemerintah melalui kementerian pendidikan yang diteruskan oleh dewan direksi. Akan tetapi, banyak juga institut yang memiliki otonomi kuat dalam menentukan keputusan, terutama institut yang telah memiliki nama besar.

5. Perbedaan Pendanaan oleh Pemerintah

Walaupun universitas adalah perguruan tinggi yang lebih otonom ketimbang institut, namun universitas mendapat pendanaan yang lebih besar oleh pemerintah. Hal itu karena universitas harus mengalokasikan dana yang lebih besar terkait cakupan fakultas yang lebih banyak.

Padahal, universitas juga menjalankan beberapa langkah untuk mendapatkan pemasukan materi diluar pendanaan pemerintah. Di Indonesia, universitas juga masih memungut biaya dari siswa yang masuk dan tanpa aturan batas jumlah yang pasti.

Sementar itu, institut tidak mendapatkan pendanaan yang relatif besar oleh pemerintah. Hal itu karena institut tidak menjalankan struktur yang sebesar universitas. Institut juga diharuskan untuk melakukan langkah-langkah tertentu supaya mendapatkan pemasukan materi diluar pendanaan pemerintah.

6. Perbedaan Ukuran Fisik dan Populasi

Perbedaan institut dan universitas ini tidak bisa kita gunakan pada setiap universitas dan institut. Artinya, kita tidak dapat membandingkan Institut Teknologi Bandung dengan Univesitas Terbuka di suatu daerah.

Meskipun tidak selalu terjadi, universitas relatif memiliki bangunan yang lebih besar. Hal itu karena kebutuhan administrasi, manajemen, ruang kuliah, fasilitas rekreasi, perpustakaan, laboratorium, asrama mahasiswa, dan auditorium bagi populasi yang lebih banyak.

Sementara itu, institusi memiliki bentuk fisik yang relatif lebih kecil. Hal tersebut karena pada umumnya institut memiliki populasi yang lebih sedikit. Institut juga cenderung lebih banyak membangun ruang kegiatan praktis ketimbang ruang kuliah.

7. Perbedaan Kualifikasi Instruktur

Umumnya para pengajar di universitas adalah seseorang yang memiliki kualifikasi profesional di bidangnya masing-masing. Dengan kata lain, ada lebih banyak doktor dan profesor di universitas ketimbang di institut.

Baca Juga  Ingin Menjadi Seniman Hebat? Kenali Dulu 8 Prinsip Seni Rupa

Sebenarnya institut juga akan merekrut pengajar dengan kualifikasi tinggi. Namun, institut akan lebih mengutamakan pengajar yang memiliki kemampuan praktis. Hal itu karena ada orang-orang dengan kualifikasi yang lebih baik yang mengawasi mutu.

8. Perbedaan Keberlanjutan Jenjang

Universitas adalah perguruan tinggi yang bertingkat, sehingga dapat menawarkan studi lebih lanjut pada bidang tertentu. Di universitas, seseorang bisa mengambil level pendidikan diploma, sarjana, dan pascasarjana.

Sementara itu, institut tidak menyiapkan siswa untuk mengambil pendidikan lebih lanjut. Perguruan tinggi ini akan lebih berfokus pada pelatihan atau kemampuan praktis mahasiswa.

Urutan Perguruan Tinggi Indonesia 2020

Di Indonesia, perbedaan institut dan universitas juga mencolok dalam hal jumlah. Tentu saja ada lebih banyak universitas. Selain itu, meskipun tidak terlalu “apple to apple” untuk dibandingkan, pamor institut memang masih di bawah beberapa universitas.

Berikut ini adalah pemeringkatan terbaru oleh UniRank untuk perguruan tinggi yang ada di Indonesia tahun 2020.

1) Universitas Gadjah Mada
2) Universitas Indonesia
3) Universitas Pendidikan Indonesia
4) Universitas Diponegoro
5) Universitas Brawijaya
6) Universitas Negeri Yogyakarta
7) Universitas Lampung
8) Universitas Airlangga
9) Institut Pertanian Bogor
10) Universitas Negeri Semarang
11) Universitas Muhammadiyah Surakarta
12) Institut Teknologi Bandung
13) Universitas Negeri Malang
14) Universitas Sumatera Utara
15) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
16) Universitas Bina Nusantara
17) Universitas Telkom
18) Institut Teknologi Sepuluh Nopember
19) Universitas Jember
20) Universitas Udayana

Itulah tadi uraian mengenai perbedaan institut dan universitas. Selain memahami perbedaan universitas dan institut serta keunggulan masing-masing, pertimbangkan jurusan yang akan diambil. Pastikan jurusan yang kita pilih adalah program unggulan di perguruan tinggi tersebut.

(Visited 4 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *