perkenalan bahasa jerman

9 Kalimat Perkenalan Bahasa Jerman Untuk Pemula

Perkenalan Bahasa Jerman– Tujuan utama dari belajar bahasa asing adalah kemampuan berbicara, tapi terkadang tidak selalu mudah bagi pemula. Ada banyak yang ingin dikatakan, tapi kosakata yang dimiliki belum mencukupi untuk mengatakan semuanya.

Tidak perlu takut untuk bicara, sekalipun kamu hanya menguasai beberapa kosakata yang bisa diucapkan. Kalau kamu berani bicara, maka kamu akan menguasai vocab dengan lebih cepat, sehingga kamu bisa lanjut ke kosakata dan tata bahasa berikutnya.

Baca Juga  Wujudkan Mimpi Kuliah Luar Negeri Melalui Beasiswa di Jerman

Hal pertama yang bisa dipelajari oleh pelajar pemula adalah perkenalan diri dalam bahasa Jerman. Mengucapkan salam, selamat tinggal, menanyakan nama adalah beberapa kalimat perkenalan bahasa Jerman yang bisa kita praktekkan di awal-awal belajar.

Nah, sekarang saatnya untuk menunjukkan bahwa kamu bisa berbahasa Jerman. Tanpa basa-basi, inilah beberapa kalimat perkenalan bahasa Jerman

perkenalan bahasa jerman

1.Mein Name ist … (Nama saya adalah …)

Ini adalah kalimat perkenalan diri bahasa Jerman yang bagus diketahui oleh pemula. Bukan hanya karena saling mengenal nama merupakan cara paling umum ketika memulai perkenalan, tapi juga karena kalimat ini mirip dengan bahasa Inggris (my name is ….). Contoh:

“Hallo, Mein Name ist Tom” (hallo, nama saya adalah Tom).

2.Ich komme aus … (Saya berasal dari …)

Ungkapan singkat ini untuk menunjukkan tempat kelahiran kamu. Contoh pemakaian kalimat ini adalah “Ich komme aus Indonesien” (saya berasal dari Indonesia).

Berikut ini contoh beberapa penyebutan nama negara dalam bahasa Jerman : Irland (Irlandia), Grossbritannien (Inggris Raya), Australien (Australia), Vereinigten Staaten (Amerika Serikat).

3.Ich wohne in… (saya tinggal di…)

Di sini, kamu bisa mengisi dengan tempat tinggal, baik nama kota atau negara. Contoh penggunaannya adalah “Ich wohne in Stuttgart” (saya tinggal di Stuttgart). Tapi hati-hati ya, kalau kamu kenalan dengan orang yang mencurigakan, kamu tidak harus mengatakan tempat tinggal yang sebenarnya.

4.Ich bin …. von Beruf (Saya bekerja sebagai ….)

Bagi orang Jerman, kalimat yang kalau diterjemahkan kata per kata menjadi “Saya seorang …. oleh profesi” ini digunakan untuk memastikaan bahwa seseorang bukan arbeitslos (penganggur) dan mendapatkan tunjangan dari negara.

Contoh penggunaannya adalah “Ich bin Lehrer / Lehrerin von Beruf” yang artinya saya bekerja sebagai guru pria/guru wanita.

perkenalan bahasa jerman

5.Ich mag … (saya suka …)

Kalau kita seorang pembelajar bahasa Jerman pemula dan memiliki kosakata terbatas, kalimat ini sangat bagus untuk dipakai. Karena kalimat singkat ini bisa dipakai berulang kali. Misalnya “Ich mag Pizza (saya suka pizza), Ich mag das Wochenende (saya suka akhir pekan), Ich mag FC Bayen Munchen (saya suka FC Bayen Munchen).

6.Meine Hobbys sind … (Hobi saya adalah …)

Membicarakan hobi bisa menjadi topik yang menarik ketika kita kenalan dengan seseorang dan membuat perkenalan lebih mudah diingat. Contohnya adalah Meine Hobbys sind reisen und schwimmen (Hobi saya traveling dan berenang)

7.Ich bin …. Jahre alt. (Saya berusia …. tahun.)

Inilah cara mengatakan berapa usia kamu. Contohnya “Ich bin achtzehnte Jahre alt” (saya berusia 18 tahun). Perlu diketahui juga, untuk angka mulai 20, jika diterjemahkan ke bahasa Jerman menjadi terbalik. Misalnya 26 yang diterjemahkan ke bahasa Jerman menjadi “sechsundzwanzig”, yang secara harfiah diartikan “enam dan dua puluh”.

8.Mein Lieblings **** ist …. (**** favorit saya adalah ….)

Dalam bahasa Jerman, terdapat dua kata benda yang digabungkan dan membuat kata tunggal, dan inilah salah satu contohnya. Misal, untuk menyatakan film favorit kamu adalah “The Notebook”, kamu bisa mengatakan Mein Lieblingsfilm ist “The Notebook”. Pada kalimat tadi, “Lieblings” dan “film” digabung menjadi satu kata benda “Lieblingsfilm” (film favorit)

9.Ich lerne Deutsch (Saya belajar bahasa Jerman)

Kalau kamu berkenalan dengan orang Jerman atau penutur asli, penting untuk mengatakan kalimat ini. Ini merupakan cara untuk mendapatkan izin untuk mempraktekan kosakata bahasa Jerman yang sedang kamu pelajari.

Dengan begitu, mereka akan “memaafkan” seandainya banyak perkataan kita yang tidak sesuai dengan aturan tata bahasa.

Baca Juga  3 Tahapan Sistem Pendidikan di Perancis Yang Wajib Kamu Ketahui

Demikian 9 kalimat perkenalan bahasa Jerman yang mudah-mudahan memberi dorongan untuk mulai bicara dalam bahasa Jerman. Kalau kamu terus berusaha mempraktekkan tiap tambahan kosakata yang didapatkan, makan akan menambah pemahaman dan kepercayaan diri.

Buat kamu yang ingin belajar bahasa Jerman, dapatkan informasi lengkapnya dengan menghubungi Virtu Education di nomor (021)-300-19-979/ 0812-89-8000-26 atau kunjungi www.virtueducation.org.

Baca Juga  Siapa Bilang Kursus TOEFL Jakarta Tidak Menguntungkan?

(Visited 501 times, 1 visits today)

Leave a Reply