Belajar Makin Menyenangkan Dengan Permainan Bahasa Inggris

Permainan Bahasa Inggris – Bagi siswa, yang paling menyenangkan adalah bermain. Aktivitas fisik yang dilakukan berkelompok tidak hanya membahagiakan, tapi juga melatih siswa kerja sama.

Tapi karena mereka berada pada masa pertumbuhan, sebaiknya berikan permainan yang menghibur sekaligus menambah skill dan pengetahuan. Jangan sampai masa golden age menguap begitu saja tanpa menanamkan pengetahuan dan nilai pada siswa.

Bagi anda yang berprofesi sebagai guru bahasa Inggris, kombinasi pengajaran dan permainan pastinya akan membuat suasana kelas menjadi seru. Kalau anak-anak senang dengan permainan yang diberikan, berarti anda sudah melakukan pekerjaan dengan benar.

Nah langsung saja, yuk kita lihat beberapa permainan bahasa Inggris yang akan membantu pengajaran bahasa Inggris pada siswa

  • Hangman

hangman

Hangman merupakan permainan sangat tua dan salah satu yang paling populer. Dan bagi anak, permaninan hangmanatau tebak kata juga bisa digunakan untuk belajar bahasa Inggris lho. Agar tidak terlalu sulit, tema ditentukan di awal, misalnya tentang nama-nama buah, hewan, alat tulis, warna, dll.

Permainannya sangat mudah, guru akan mengisi salah satu huruf di beberapa baris kosong. Lalu siswa bisa menyelamatkan orang di tiang gantungan dengan cara melengkapi huruf yang ada di baris kosong tadi. Kalau jawaban siswa benar, maka permainan selesai dan orang itupun selamat dari hukum gantung.

Kalau jawaban salah, guru akan menambah gambar satu bagian tubuh (misal tangan, kaki, kepala) hingga terbentuk gambar orang sedang digantung.

  • Simon Says

simon says

Simon Says menjadi salah satu permainan sederhana yang sangat bermanfaat bagi anak-anak. Permainan fisik ini akan menyehatkan dan membuat mereka bersemangat.

Baca Juga  Mau kuliah S2 Hukum di Amerika? Yuk Gabung LSAT test prep

Guru hanya perlu mengumpulkan beberapa siswa untuk membentuk lingkaran. Guru berdiri di tengah lingkaran sebagai Simon dan memberi perintah dalam bahasa Inggris. Misalnya dengan mengucapkan “Simon says jump”, maka siswa harus melompat.

Perintah simon harus diikuti oleh setiap siswa. Dan kalau tidak diikuti, Simon akan memberikan hukuman ringan. Menarik kan? Selain menyehatkan, permainan ini akan melatih kosakata siswa lho.

  • Board Race

board-races

Board race manjadi permainan seru yang dilakukan dengan merevisi kata. Biasanya guru menggunakan Board Race untuk siswa berusia 7 sampai 25 tahun. Permainan ini sangat baik untuk mengetahui apakah siswa benar-benar paham dengan pelajaran yang diberikan guru.

Untuk memainkan Board Race, guru akan membagi menjadi dua kelompok dimana tiap kelompok terdiri dari 6 siswa. Tugas siswa adalah menuliskan kosakata pada salah satu kolom di papan tulis dengan kata yang sesuai dengan perintah guru.

  • Crossword Puzzle

Crossword Puzzle 2

Permainan Crossword Puzzle atau teka-teki silang akan selalu disukai semua orang, baik tua maupun muda. Tidak hanya menyenangkan dan mengasah otak, permainan ini ternyata juga bisa digunakan untuk melatih kemampuan bahasa Inggris lho.

Caranya sama kok dengan teka-teki biasa, kita hanya diminta mengisi jawaban di kotak mendatar dan ke bawah. Dengan bermain TTS berbahasa Inggris, otomatis kita juga melatih kemampuan reading dan juga menambah kosakata.

  • Blindfold

blindfold

Permainan tebak-tebakan ini menjadi salah satu permainan bahasa Inggris paling interaktif bagi anak-anak. Seperti namanya, anak-anak ditutup matanya dengan dengan sapu tangan lalu diminta menyentuh benda seperti buku, pensil, bunga, tas, gelas, atau yang lainnya.

Setelah menyentuh dan merasakan, anak akan menyebutkan nama benda tersebut dalam bahasa Inggris. Setiap jawaban benar mendapat poin satu. Dan jika ada beberapa peserta, pemenangnya adalah yang paling banyak menebak dengan benar.

Baca Juga  Contoh Kalimat Conjunction yang Sering Digunakan Sehari-hari

  • Pictionary

pictionary

Pictionary atau permainan kata dan gambar merupakan permainan kerjasama yang bisa dilakukan semua usia. Anak-anak maupun remaja akan menyukainya karena mereka tidak akan merasa belajar, walaupun mereka sebenarnya sedang bermain sambil belajar.

Pictionary juga membuat siswa mempraktekkan kosakata serta menguji apakah siswa mengingat kosakata yang telah diajarkan.

Pictionary juga mudah dilakukan, siswa akan diberikan kosakata oleh guru lalu menggambarnya di papan tulis. Tugas anggota kelompok yang lain adalah menebak gambar yang dibuat temannya tadi. Anda bisa membagi kelas menjadi 2 kelompok dan tim yang menjawab dengan benar akan mendapat poin.

Ulangi sampai semua koleksi kosakata anda habis dan usahakan setiap siswa berkesempatan menggambar setidaknya satu kali.

Nah demikian tadi beberapa contoh permainan bahasa Inggris yang bisa anda terapkan dalam pengajaran di kelas. Semoga bermanfaat dan silakan dicoba ya!!

(Visited 29 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *