photoshop portable

Perbedaan Photoshop Portable dan Photoshop Extended

Photoshop Portable – Bagi kalian yang baru saja memulai belajar desain, pasti seringkali bingung untuk memilih aplikasi Photoshop. Seperti yang kalian tahu, photoshop memiliki versi yang banyak sekali. Beberapa versi photoshop itu di antaranya mulai dari Photoshop 7, Photoshop 8, Photoshop CC dan untuk CS ada Photoshop CS1, CS2, CS3, CS4, CS5, dan terakhir ada CS6 yang diliris pada tahun 2012.

Baca juga : Cara Mengembalikan Video yang Terhapus di Android Menggunakan Aplikasi

Selain banyaknya versi, photoshop juga memiliki jenis photoshop portable dan photoshop extended. Photoshop portable inilah yang sangat cocok digunakan untuk kalian yang baru ingin mencoba photoshop. Photoshop ini tentu berbeda dengan photoshop extended. Lalu apa perbedaan portable dengan extended? Berikut adalah informasi tentang photoshop portable, fungsi, serta perbedaanya dengan photoshop extended.

Apa itu Photoshop Portable?

Photoshop portable adalah photoshop yang memiliki jenis program aplikasi yang tidak perlu diinstal saat ingin digunakan. Jenis photoshop ini tentu berbeda dengan photoshop pada umumnya. Karena tidak perlu menginstal, besar data dari photoshop ini lebih kecil dan ringan saat digunakan. Sehingga lebih praktis ketimbang harus menggunakan photoshop biasa.

Selain itu, karena bersifat portable dan memiliki ukuran file yang kecil, photoshop portable ini bisa disimpan di hard disk maupun flash disk, cukup simple dan bisa dibawa kemanapun. Namun sayangnya, aplikasi photoshop ini juga memiliki beberapa kekurangan. Di antaranya adalah terdapat beberapa plugin yang tidak dapat digunakan dalam photoshop portable.

Hal tersebut dikarenakan plugin yang ada di photoshop ini tidak dibundle oleh aplikasi utamanya. Sehingga, untuk melengkapi kekurangan plugin tersebut, kalian harus mendownloadnya terlebih dahulu. Tentu hal ini akan memakan banyak waktu dan kurang efektif untuk digunakan.

Perbedaan Photoshop Portable dan Photoshop Extended

Baca Juga  Perbedaan Universitas dan Institut

Dari penjelasan sebelumnya sebenarnya sudah ada beberapa penjelasan tentang perbedaan photoshop portable dengan photoshop extended. Namun, sebenarnya masih ada lagi beberapa perbedaan tidak hanya dari segi ukuran dan plugin-nya saja. Sebelum mengetahui perbedaan dari keduanya alangkah baiknya untuk mengetahui tentang photoshop extended terlebih dahulu.

Photoshop extended merupakan photoshop dengan versi adobe software yang full version serta dilengkapi juga dengan plugin-plugin yang sudah terupdate dan terpasang secara lengkap. Contohnya saja, pada saat penerbitan photoshop CS 6 yang versi biasa, kemudian akan menerbitkan lagi versi extendednya yakni Photoshop CS 6 Extended.

photoshop portable

Oleh karena itu, extended merupakan update dari versi biasa photoshop tersebut. Nah kini saatnya mengetahui perbedaan photoshop portable dengan photoshop extended, berikut penjelasan lebih lanjut:

1. Ukuran

Jika dilihat dari ukuran tentu photoshop portable lebih kecil dari photoshop extended. Biasanya photoshop extended berukuran satu giga lebih. Jika kalian tidak memiliki cukup penyimpanan pada perangkat kalian, sangat tidak disarankan untuk menggunakan jenis photoshop yang satu ini. Sebab, jika dipaksakan software tidak bisa berjalan dengan normal apalagi jika ukuran perangkat yang kalian gunakan juga kurang mumpuni.

Jika kalian mengalami masalah tersebut, menggunakan photoshop portable bisa kalian jadikan sebagai alternatif untuk digunakan. Sehingga, dengan menginstal photoshop ini kalian tetap bisa mengerjakan edit foto tanpa takut ada hambatan. Karena memiliki ukuran file yang kecil, tentu photoshop ini juga dibatasi dengan penggunaan fitur-fitur yang ada di dalamnya. Sehingga, ada beberapa fungsi yang tidak bisa digunakan pada photoshop ini.

2. Kompabilitas atau Dukungan File

Hal kedua yang berbeda dari photoshop extended, photoshop ini juga tidak bisa mendukung semua jenis file format sebuah foto. Adapun beberapa format foto yang tidak mendukung untuk dibuka di photoshop portable adalah file foto raw, biasanya jenis format foto ini hanya mendukung beberapa jenis kamera saja.

Baca Juga  8 Aplikasi Edit Video Terbaik Untuk Smartphone Android

Oleh karena itu, jika kalian ingin menggunakan photoshop untuk mengelola foto dari kamera, sangat disarankan untuk menggunakan versi photoshop yang mendukung. Jika tidak, photoshop tidak akan bisa membaca file tersebut. Perlu kalian ketahui biasanya, photoshop extended memiliki update yang lebih baik, sehingga dapat mendukung file format foto yang lebih banyak dan lengkap dari photoshop portable.

3. Stabilitas

Jika dilihat dari segi stabilitas softwarenya, photoshop portable seringkali mengalami kendala seperti hang atau terkadang juka seringkali mengalami crash. Terlebih jika kalian menggunakan versi photoshop yang bajakan atau hasil crack. Tentu kalian akan lebih sering mengalami hal ini. Jika kalian seorang profesional, maka akan lebih baik jika menggunakan versi yang asli bukan bajakan. Dengan begitu kalian pun akan terhindar dari beberapa kendala yang sudah disebutkan diatas.

4. Update

Jika dari segi update, pihak adobe akan senantiasa menuutup celah bagi yang ingin menggunakan photoshop portable dengan cara gratisan.
Oleh karena itu, saat photoshop portable digunakan secara online fungsinya akan tiba-tiba tidak berfungsi secara normal lagi.
Hal itu disebabkan karena adobe telah membaca bahwa photoshop yang digunakan bukanlah photoshop yang asli alias hasil crack. Jadi, sangat disarankan bagi kalian yang ingin mencoba menggunakan software photoshop untuk menggunakan software photoshop portable yang asli saja

Fitur Photoshop Portable

Meskipun fitur yang dimiliki tidak selengkap pada photoshop extended, versi photoshop ini tetap memiliki fitur-fitur dasar yang sangat umum digunakan oleh banyak orang. Jadi, photoshop ini tetap bisa digunakan untuk mengedit foto yang sederhana. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini adalah beberapa fitur photoshop portable yang bisa kalian gunakan:

1. Menu Bar

Pada bagian fitur menu bar ini di dalamnya berisi beberapa pilihan menu berupa daftar perintah seperti File, Image, Select, Layer, View, Window, Help, dan Filter. Daftar perintah yang ada dalam photoshop ini tentu tidak berbeda dengan veri photoshop extended.

Baca Juga  14 Aplikasi Desain Baju Terbaik Untuk Pemula

2. Option Bar

Menu option bar yang terdapat di photoshop portable menampilkan beberapa ikon untuk pengaturan khusus yang terdapat pada toolbox yang bisa dipilih secara aktif. Selain itu, isi dari option bar ini juga dapat diubah kapan pun sesuai dengan kebutuhan kalian.

3. Document Window Bar

Fitur document windor bar pada photoshop portable ini berfungsi untuk menampilkan seluruh dokumen yang sedang dibuka. Dengan menggunakan fitur ini, kalian tidak perlu bersusah payah untuk menjadi dokumen yang sedang dibutuhkan untuk diedit.

4. Application Bar

Aplication bar ini berguna untuk memudahkan kalian untuk mengakses fitur berupa alat maupun pilihan yang sering digunakan. Untuk mengakses
fitur ini, kalian cukup melihatnya pada menu bar.

5. Workspace

Workspace juga terdapat pada photoshop portable, fitur ini berfungsi untuk mengatur panel yang berbeda termasuk pada menu dan shortcut keyboard.

6. Panel atau Palette

Panel merupakan salah satu fitur yang ada di photoshop portable yang dapat memberikan akses pada semua jenis perintah atau pilahan, seperti pengorganisasian layer, pemilihan warna, history, informasi tentang gambar, dan lain sebagainya.

7. Toolbox

Toolbox berisikan tombol-tombol perintah untuk membuat dan memanipulasi gambar serta teks.

8. Dokumen Window

Dokumen window dapat digunakan untuk menampilkan gambar yang telah diolah sehingga kalian pun dapat melihat history tool yang digunakan sebelumnya.

Nah itu dia beberapa informasi tentang perbedaan software photoshop portable dengan photoshop extended. Sebelum menggunakan photoshop ini pastikan bahwa kebutuhan pengeditan foto yang akan kalian gunakan sesuai dengan fitur yang tersedia.

(Visited 17 times, 1 visits today)

Leave a Reply