Program Afiliasi

Program Afiliasi adalah Cara Mendapatkan Passive Income dengan Mudah

Program Afiliasi – Kemajuan internet memberikan banyak manfaat di berbagai lini kehidupan. Kamu dapat berjualan secara online untuk mendapatkan pemasukan tambahan, tanpa memiliki toko fisik sekalipun dan hanya bermodalkan perangkat internet. Mendapatkan uang dari internet juga semakin mudah dengan adanya program afiliasi dari banyak situs jualan atau ecommerce. Mudahnya, afiliasi adalah sebuah kegiatan untuk menawarkan produk orang lain dengan tujuan mendapatkan timbal balik dari usaha kita. Terdengar mudah bukan? Tapi apa itu afiliasi yang sebenarnya?

Pengertian Afiliasi

Sebenarnya secara tidak sadar kita sudah sering menjalankan afiliasi tersebut. Contohnya saat kamu merekomendasikan produk buatan teman kamu ke orang lain dan mendapatkan imbalan atas kegiatan tersebut atau istilah mudahnya mendapatkan komisi. Imbalan yang bisa kamu dapatkan juga berbeda-beda, tidak melulu berupa uang. Bisa saja imbalan berupa potongan diskon untuk pembelian produk teman kamu atau voucher by 1 get one.

Baca juga : Konten adalah Kunci, Pelajari Sekarang Agar Brand Kamu Berkembang!

Berbeda dengan Reseller

Arti afiliasi sendiri sudah tak sama dengan reseller. Meskipun prinsipnya sama, yaitu menjualkan produk orang lain, tapi sistemnya berbeda. Saat menjadi reseller, kamu tidak mendapatkan komisi dari pemilik produk, melainkan dengan cara menjual produk yang harganya sudah kamu naikkan untuk mengambil keuntungan. Sedangkan afiliasi adalah cara untuk mendapatkan komisi dari pemilik/situs setelah produk terjual.

Saat kamu ingin membeli sebuah produk, apa yang seringkali kamu lakukan terlebih dahulu? Pasti mencarinya di google dan membaca review produk yang kamu inginkan di sebuah blog atau menontonnya di platform seperti Youtube. Bila diperhatikan, mereka juga akan merekomendasikan kamu untuk membeli produk tersebut melalui link yang mereka sisipkan di platform tersebut. Nah, saat kamu melakukan pembelian dari link yang diberikan, maka sang pembuat konten akan mendapatkan komisi dari program afiliasi yang dia ikuti. Itulah alur komisi dari afiliasi.

Cara Kerja Program Afiliasi

Ada cara yang harus diikuti agar kamu mendapatkan komisi dari produk yang kamu promosikan atau rekomendasikan. Jadi, tidak sembarang promosi dengan tulisan begitu saja, tapi ada kode referral yang harus kamu sertakan sebagai bukti bahwa orang membeli suatu produk atas usaha promosimu. Agar lebih lengkapnya perhatikan cara-cara berikut.

1. Daftar Program

Kamu harus melakukan pendaftaran agar tercatat mengikuti program afiliasi dari situs tersebut secara online. Intinya agar kamu mendapatkan kode referral untuk disebarkan. Umumnya ada dua jenis kode referral, berupa voucher berisi kode atau link.

2. Rekomendasikan Produk

Merekemondeasikan salah satu produk yang dijual dalam situs tersebut dengan menyertakan kode referal dalam konten yang kamu buat.

Baca Juga  Konten adalah Kunci, Pelajari Sekarang Agar Brand Kamu Berkembang!

3. Orang-orang Melakukan Pembelian dengan Kode Referral Darimu

Akan ada orang-orang yang tertarik dengan produk yang direkomendasikan dan membelinya melalui link yang kamu sertakan atau menggunakan kode referral yang kamu sisipkan. Biasanya kode referral juga meberikan diskon tertentu untuk si pembeli.

4. Mendapatkan Komisi

Bila penjualan berhasil, maka kamu akan mendapatkan komisi dari total penjualan dari orang yang menggunakan kode referral atau link yang kamu sisipkan. Nominalnya berbeda sesuai dengan aturan yang berlaku di masing-masing situs.
Cara diatas adalah yang umum terjadi. Namun setiap situs penjualan bisa jadi memiliki cara yang berbeda. Karena itu kamu harus baca lagi syarat dan ketentuan yang berlaku sebelum menyetujuinya ya.

Kelebihan Program Afiliasi

Bila kamu sudah mengerti apa itu afiliasi, sekarang waktunya membahas kelebihan dari program ini dan alasan kenapa kamu perlu mempertimbangkan untuk ikut program yang ditawarkan oleh banyak situs ecommerce tersebut.

1. Passive Income

Siapa yang tidak mau mendapatkan keuntungan berjalan secara otomatis. Kamu hanya perlu membuat konten yang berisikan kode referreal di blog dan kamu akan mendapatkan pemasukan bila ada yang melakukan transaksi pembelian dengan kode yang kamu sertakan. Inilah kenapa afiliasi adalah cara untuk mencari passive income dari rumah yang sangat menarik.

Walaupun begitu ada baiknya kamu mengupdate konten kamu juga ya. Bisa juga membagikan konten secara regular di seluruh media sosial yang kamu miliki agar semakin banyak orang yang melihatnya. Dengan harapan, mereka akan tertarik untuk membeli produk yang kamu rekomendasikan melalui link atau kode referral yang kamu miliki.

Bila kamu tekun, bukan tidak mungkin kamu bisa mendapatkan penghasilan penuh dari sini. Kedepannya akan semakin banyak orang-orang yang mencari tau review sebuah produk sebelum membelinya. Hal ini terjadi karena mereka tidak mau menyesal atau salah membeli produk. Pada produk make up, misalnya, para wanita memiliki jenis kulit yang berbeda. Mereka membutuhkan ulasan produk yang mereka inginkan sebelum membelinya agar tau cocok atau tidaknya produk tersebut dengan kulit mereka.
Karena alasan itu, peluang ini sangat terbuka lebar untuk menghasilkan uang jajan yang sengat banyak.

2. Tidak Memerlukan Banyak Biaya saat Memulainya

Kamu tidak perlu banyak biaya saat memulai program afiliasi. Biasanya tidak ada biaya pendaftaran dari afiliasi yang diadakan oleh situs-situs ecommerce. Kamu hanya perlu mendaftar, tentunya gratis, agar mendapatkan kode referral yang digunakan untuk mendapatkan komisi. Membuat blog untuk konten juga gratis. Bisa menggunakan platform seperti wordpress ataupun blogger, kecuali ingin memiliki domain sendiri.

Baca Juga  Apa Itu Google Ads Express & Bedanya Dengan Google Ads Biasa

Untuk mengawalinya cukup mudah. Begitu kamu terdaftar dan memiliki kode referral, segera membuat konten dan sebarkan di media sosial. Pastikan konten yang dibuat juga berkualitas, jangan asal-asaanl. Bila perlu beli beberapa produk untuk diulas sendiri agar kamu bisa membuat tulisan atau video yang lebih meyakinkan. Sehingga, orang akan tertarik untuk segera membeli produk melalui link referral yang tersedia.

3. Waktu yang Fleksibel

Inilah salah satu hal yang menyenangkan dari program afiliasi, tidak terikat oleh waktu. Kamu bisa update konten kapan saja sesuai waktu yang kamu miliki. Tidak ada patokan lama bekerja yang harus kamu miliki, hanya perlu mengecek beberapa kali untuk memastikan konten yang kamu buat bekerja dengan baik dan menarik banyak orang.

Berbeda lagi bila kamu semakin serius untuk menjadikannya penghasilan utama. Ada baiknya menyediakan waktu bekerja agar kamu fokus mengembangkan konten di berbagai media sosial. Dengan waktu yang tersedia, kamu bisa mengembangkan konten kamu menjadi sebuah visual di instagram, lalu disebarkan di facebook dengan kode referral, serta diberikan tautan ke blog kamu lagi. Semua itu terlihat mudah, nyatanya membutuhkan ketekunan ataupun keseriusan agar berjalan sesuai rencana.
Pada intinya, tetap saja kamu yang mengatur sendiri jadwalmu tanpa ada aturan dari bos maupun manajer.

4. Tidak Terikat Pada Satu Program Afiliasi

Tidak seperti aturan bekerja yang terkadang melarang kamu untuk bekerja di dua tempat, afiliasi ini membolehkan kamu untuk mengikut beberapa program sekaligus dari situs/tempat berbeda. Apa keuntungannya? Semakin terbuka mendapatkan keuntungan dari setiap situs, atau bahkan bisa membuat blog berbeda untuk setiap program yang diikuti. Ditambah lagi waktunya yang fleksibel.

Program Afiliasi

Langkah-Langkah Mengikuti Afiliasi

Untuk cara memulainya sudah dijelaskan di atas dan tahapannya sangat mudah. Bila kamu sudah mengerti apa itu afiliasi dan tau kelebihannya, pelajar langkah-langkah berikut agar kamu bisa menjalankan program ini dengan baik, serta mendapatkan keuntungan sesuai yang kamu bayangkan. Apakah cukup dengan membuat konten dan menaruh kode referral? Sepertinya begitu, namun belum tentu tepat sasaran.

1. Lakukan Riset Program

Ada banyak situs yang menyediakan program ini. Namun cari tau beberapa hal ini terlebih dahulu.
– Cari tau jumlah komisi yang didapatkan serta syarat yang berlaku.
– Cari tau lebih dalam pengguna afiliasi di situs tersebut untuk tau kredibilitasnya.
– Pastikan adanya support dari situs tersebut apabila terjadi kendala teknis maupun non-teknis.

Baca Juga  Cara Membuat Iklan di Google Ads

2. Menentukan Audiens dan Konten yang Tepat

Jangan pilih semua produk yang tersedia di platform tersebut. Tapi, pilih produk yang sekiranya kamu sukai dan kamu kuasai agar lebih mudah dalam membuat konten maupun review produk. Setelah memilihnya kamu bisa sesuaikan hal-hal berikut ini.
– Cari tau audiens yang relevan dengan produk yang kamu pilih, dari umur, jenis kelamin, lalu minat dan hobi mereka.
– Fokus pada niche dan target audiens yang kamu riset.
– Buat konten dengan dengan gaya bergaul audiens yang sudah kamu pilih sebelumnya.
– Cari tau hal-hal yang menjadi concern mereka dalam memilih produk untuk bahan konten kamu.
– Ingat, afiliasi adalah program yang membutuhkan konten yang menarik agar orang mau membacanya dan percaya dengan isi tulisan tersebut.

3. Pilih Platform untuk Promosi Konten

Fokus pada 1 atau 2 platform terlebih dahulu. Maksimalkan media yang kamu miliki agar kamu menguasainya dengan baik. Saat ini yang sedang populer adalah Youtube dan Instagram. Namun ada baiknya kamu juga memulai dengan blog agar mudah dicari oleh mesin pencari, tentunya dengan mempelajari SEO.

Mulailah dengan content marketing dan membuat rencana konten agar program afiliasi ini berjalan secara reguler. Tulislah dalam rencana, berapa konten yang akan dibuat setiap harinya, jam berapa akan diunggah. Setelah itu kalian akan menemukan pola tersendiri untuk meningkatkan performa konten kamu.

4. Perhatikan SEO dan Call to Action

Pelajari yang namanya SEO apabila kamu memulainya dengan sebuah blog. Teknik ini akan membantu konten yang dibuat lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari dengan keyword tertentu. Harapannya, kamu akan mendapatkan lebih banyak traffic di blog kamu. Tentunya kesempatan mendapatkan komisi juga bertambah.

Satu hal yang tak kalah pentingnya adalah Call to Action (CTA), yakni sebuah cara meyakini pembaca untuk segera melakukan transaksi dengan link atau kode referal yang kamu sertakan. Biasanya kalimat tersebut berupa perintah seperti “Segera dapatkan produk diatas melalui link ini ya, sebelum kehabisan”.

Sekarang kamu sudah mengerti apa itu afiliasi. Waktunya kamu melakukan riset sebelum memulainya lebih jauh. Pahami betul syarat dan ketentuan yang ada. Setelah itu buatlah konten dan tekuni dengan baik. Bila konsisten, afiliasi adalah cara untuk mendapatkan passive income yang sangat menjanjikan, karena hanya dengan duduk dibalik layar kamu bisa memiliki pemasukan yang menggiurkan. Sisanya, biarkan konten yang bekerja.

(Visited 1 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *