Belajar Menghafal Macam-Macam Rumus Present Tense

Rumus Present Tense – Sedang belajar bahasa Inggris? Tentu saja mempelajari tata bahasa atau grammar tidak boleh luput. Tata bahasa sangat penting agar bisa berbicara dan menguasai bahasa Inggris sesuai dengan tatanan baku bahasa yang telah ditetapkan?

Mempelajari tata bahasa tidak seperti menghafalkan banyak kosa kata. Anda hanya perlu menghafalkan rumus-rumus yang diterapkan kemudian merangkai kalimat.

 

Ada beberapa rumus tata bahasa yang disebut tense dalam bahasa Inggris. Jika Anda ingin segera bisa menghafalkannya maka Anda perlu tahu apa saja rumusnya, bagaimana cara membedakannya dan bagaimana Anda bisa merangkai kalimat tersebut. Dalam artikel ini Anda akan memahami semuanya dengan mudah.

Baca Juga  Apa Pengertian Present Continous Tense dan Contoh Kalimatnya

Secara umum ada 16 rumus tense yang harus dihafalkan dan dikuasai. Banyaknya rumus ini membuat kewalahan. Namun Anda bisa membaginya menjadi tiga waktu yakni masa kini atau present, masa lampau atau past dan masa depan atau future. Dari masing-masing ketiga pembagian tersebut dibagi lagi menjadi beberapa rumus hingga berjumlah 16 bagian.

Untuk memudahkah Anda menguasai semuanya maka Anda perlu menguasai rumus present tense dan pengembangannya terlebih dahulu. Dalam present tense Anda akan mendapatkan rumus-rumus berikut ini.

1. Simple Present Tense

Rumus ini digunakan untuk menyatakan kejadian yang sedang berlangsung di masa sekarang. Banyak yang perlu menggunakan rumus ini untuk menyatakan sebuah aktivitas, kegiatan, atau bahkan kejadian. Selain itu untuk mengirim fakta rumus ini banyak digunakan. Rumus yang digunakan adalah:

• Subjek + V1 (S/es)

• Subjek + do/does + not + V1

• Do/does + Subjek + V1

Baca Juga  Cara Menguasai Kata Kerja V1 V2 V3 dengan Cepat

2. Present Contonous Tense

Rumus ini digunakan untuk kejadian yang sedang berlangsung dan masih berlangsung. Seperti ketika Anda sedang dan masih melakukan kegiatan memasak. Anda belum menyelesaikannya sehingga Anda perlu menggunakan rumus ini. Untuk rumusnya adalah sebagai berikut ini:

• Subjek + to be + Ving

• Subjek + to be + not +Ving

• To be + Subjek + Ving

3. Present Perfect Tense

Rumus yang digunakan adalah sesuai dengan namanya yakni perfect yang artinya sempurna atau telah selesai. Jika pada rumus sebelumnya Anda masih mengerjakan sesuatu maka dalam rumus ini Anda menggunakannya ketika Anda sudah selesai atau baru saja selesai melakukan sebuah kegiatan seperti memask, menulis, berolahraga dan lain sebagainya. Rumus yang digunakan pun cukup mudah yakni sebagai berikut:

• Subjek + have/ has + V3

• Subjek + have/has not +V3

• Have/ has +Subjek + V3

 

4. Present Perfect Continous Tense

Rumus present tense yang terakahir adalah Present Perfect Continous Tense, digunakan untuk menyatakan sebuah kejadian yang sudah atau baru saja selesai dan masih berlanjut atau akan berlanjut. Rumus ini cukup membingungkan namun, Anda hanya perlu memahami alokasi waktunya. Rumus ini dapat digunakan untuk menyatakan kegiatan yang sudah belangsung bisa saja kemarin, beberapa jam yang lalu bahkan seabad atau satu menit sebelumnya. Langsung saja berikut contoh rumusnya:

• Subjek + have/has + been + Ving

• Subjek + have/has + not + been + Ving

• Have/ has + Subjek + been + Ving

Baca Juga  Kenali Jenis dan Contoh 10 Kata Kerja Dalam Bahasa Inggris

Keempat rumus present tense di atas akan memudahkah Anda memahami kalimat dalam bahasa Inggris. Ingat pelajari semua grammer agar lebih mudah menyusun kalimat dalam bahasa Inggris.

Jika rumus di atas sudah di hafalkan dan diaplikasikan dalam sebuah kalimat Anda tinggal mencoba untuk menggunakan rumus past tense dan future tense.

(Visited 159 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *