Selamat Pagi dalam Bahasa Korea Ucapan Selamat Pagi, Siang, dan Malam Dalam Bahasa Korea

Selamat Pagi dalam Bahasa Korea – Seperti halnya Indonesia, Korea dikenal dengan masyarakatnya yang ramah, sopan, dan menjunjung tradisi. Salah satunya terlihat dari kebiasaan mereka mengucap salam. Sebagai bentuk penghormatan dan menunjukkan kerendahan hati, mereka juga biasa menundukkan kepala saat bertemu dengan siapa saja.

Nah kalau kalian bertemu dengan orang Korea atau ingin pergi ke Korea, ada baiknya mempelajari cara menyapa atau greeting. Ucapan salam yang baik bisa menjadi awal untuk menjalin persahabatan. Orang Korea juga merasa terhormat saat ada orang Indonesia yang menyapa dengan bahasa Korea.

Selamat pagi

Lalu bagaimana cara mengucapkan selamat pagi dalam bahasa Korea? Bagaimana juga dengan waktu siang, malam, serta kata sapaan lainnya? Bahasa Korea ternyata mengenal sapaan formal dan non formal lho.

Jadi seperti halnya bahasa Jawa dan Sunda, ada tingkatan dalam bahasa Korea. Sapaan pada teman sebaya pasti berbeda dengan orang yang lebih tua atau dihormati.

Tapi ada yang unik dalam pengucapan salam di Korea. Kalau di Indonesia orang biasa mengucapkan salam berdasar waktu, yaitu selamat pagi, siang, sore, dan malam. Hal ini tidak berlaku di Korea. Ucapan salam tidak selalu dibedakan atas waktu, tapi berdasar formal dan non formal, atau dengan siapa mereka berbicara.

Saat kalian bertemu dengan guru, atasan, orang tua, orang yang baru dikenal atau orang yang memiliki kedudukan sosial tinggi, kalian sebaiknya menggunakan kalimat formal. Dan ucapan selamat pagi dalam bahasa Korea yang paling terkenal adalah Annyeong hasimnika (안녕하십니까) dan annyeong haseyo (안녕하세요).

Apa perbedaan keduanya? Walaupun sama-sama bersifat formal, konon annyeong haseyo (안녕하세요) memberikan kesan lebih halus serta agar nampak lebih akrab.

Baca Juga  10 Alasan Memilih Kuliah di Korea Selatan

Sedangkan saat bertemu teman akrab atau dengan yang usianya lebih muda, cukup ucapkan annyeong (안녕). Tapi kalau bertemu dengan orang yang lebih tua, hanya mengatakan annyeong saja bisa dianggap kurang sopan. Sekali lagi, perhatikan dengan siapa kalian berbicara.

Cara lain mengucapkan selamat pagi dalam bahasa Korea adalah gut-mo-ning (굿모닝). Kalian sudah bisa menebak kan kalau kata tersebut merupakan serapan dari bahasa Inggris yang “dikoreakan”.

Frase atau kalimat lain yang mirip dengan selamat pagi adalah joh-eun achim-ibnida (좋은 아침입니다) yang artinya “pagi yang cerah”. Atau juga annyeonghi jumusyeoss-eoyo? (안녕히 주무셨어요?) yang maknanya apakah tidurmu nyenyak?

Tapi ingat ya, frase tadi hanya bisa diucapkan di pagi hari. Kalau diucapkan di siang hari, maka akan terasa aneh dan bisa menimbulakan kelucuan bagi orang Korea.

Selamat siang

Lalu bagaimana dengan bahasa Korea selamat siang? Seperti telah disebutkan tadi, bahwa Annyeong hasimnika (안녕하십니까), annyeong haseyo (안녕하세요), dan annyeong (안녕) bisa digunakan sepanjang waktu, baik pagi, siang, sore, dan malam hari. Bahkan bisa juga diartikan “Hai” atau “Halo”.

Tapi ternyata ada lho ucapan yang berarti “selamat siang” secara lebih spesifik, yaitu 좋은 오후 atau dibaca joh-eun ohu. Kalau kepada teman, kalian bisa mengucapkan joh-eun ohu chingu (좋은 오후 친구), yang artinya selamat siang teman.

Atau bisa juga mengucapkan joh-eun ohu nae gajang chinhan chingu (좋은 오후 내 가장 친한 친구) yang artinya selamat siang sahabatku. Wah panjang sekali ya!!

Selamat malam

Lalu untuk mengucapkan selamat malam bahasa Korea, kalian bisa menggunakan annyeonghi chumuseyo (안녕히 주무 세요). Ucapan tersebut merupakan kalimat sopan yang bisa disampaikan pada orang tua kita atau orang yang kita hormati.

Baca Juga  10 Alasan Memilih Kuliah di Korea Selatan

Annyeonghi ((안녕히) berarti “Damai”, sedangkan chumusey (주무 세요) memiliki arti tidur. Sehingga bahasa Korea selamat tidur bisa juga menggunakan kalimat tersebut. Karena kalau diterjemahkan bisa bermakna “silakan tidur dengan tenang”.

Sedangkan kalau ingin mengucap selamat malam pada teman, kalian bisa menggunakan kalimat chalcha (잘자) atau chalchayo (잘자요). Walau sama-sama ucapan akrab pada teman, tapi ucapan yang yang ditambahi “yo” (요) memiliki kesan lebih opan.

Selain itu, choheun kkum kkweo (좋은 꿈꿔) juga bisa diartikan “selamat malam” dan digunakan saat berpisah dengan teman. Dalam bahasa Indonesia, ucapan tersebut semakna dengan “semoga mimpi indah”.

Nah sekarang kalian sudah tahu kan cara mengucapa selamat pagi, siang, maupun malam dalam bahasa Korea. Bagi pemula, bisa mengucap annyeong haseyo menjadi awal yang sangat baik. Kalian bisa berlatih dengan mengucapkannya dengan keras.

Yang tidak kalah penting adalah menyapa dengan gaya Korea. Saat bertemu dengan orang Korea yang baru dikenal, kalian bisa mengulurkan tangan sambil sedikit membungkukkan badan. Dengan ucapan salam yang tepat dan cara penyampaian sopan, kalian tidak akan kesulitan mendapat simpati dari warga Korea.

Nah sebagai permulaan, cukup sampai di sini dulu pelajaran bahasa Koreanya. Semoga bermanfaat dan membantu siapa saja yang suka dengan budaya Korea atau sedang memulai belajar bahasa Korea. Selamat belajar ya!!

(Visited 1,102 times, 1 visits today)

Leave a Reply