sistem pendidikan di perancis

3 Tahapan Sistem Pendidikan di Perancis Yang Wajib Kamu Ketahui

Sistem Pendidikan di Perancis– Sistem pendidikan di berbagai negara tentu akan berbeda-beda. Bagaimanapun sistem pendidikan akan sangat mempengaruhi kemajuan dari negara tersebut. Tidak terkecuali sistem pendidikan di Perancis, yang menempati urutan atas sebagai negara destinasi favorit untuk melanjutkan pendidikan bagi pelajar internasional.

Sistem pendidikan di Perancis dipengaruhi oleh majunya pemikiran sosial, ekonomi dan budaya disana. Tidak hanya berbagai tempat wisata, kuliner dan mode yang sangat diminati di Prancis. Pendidikan di Prancis juga banyak peminat dari berbagai belahan dunia meski standar hidup di Eropa sangat cukup tinggi.

Baca Juga  Kenali Kota di Perancis Sebelum Memilih Studi Di Perancis

Dalam hal ini juga pemerintah Perancis memberikan subsidi dalam bidang pendidikan dan infrastruktur transportasi yang tidak hanya diperuntukkan bagi pelajar Prancis saja namun juga pelajar asing di Prancis. Maka biaya pendidikan di Prancis masih paling terjangkau dibandingkan negara di Eropa lainnya.

Berikut jenjang pada sistem pendidikan di Prancis:

sistem pendidikan di perancis

Pendidikan Dasar (Enseigment Primaire)

Pendidikan dasar di Prancis dimulai pada usia 6 tahun dan berlangsung selama 5 tahun pendidikan. Sistem pendidikan di Prancis pada tingkat pendidikan dasar ini dibagi menjadi lima kelas. Adapun tujuan pendidikan dasar ini untuk mengajarkan membaca, berhitung, tentang kehidupan bermasyarakat dan persiapan ke jenjang pendidikan menengah.

Pendidikan Menengah (Enseigment Secondaire)

Pendidikan menengah di Prancis dibagi menjadi dua tingkat yaitu College (setingkat SMP) selama 4 tahun dan Lycee (setingkat SMA) selama 3 tahun. Lycee merupakan pendidikan berdasarkan peminatan yang dipilih saat akhir pendidikan College.

Sistem pendidikan di Prancis pada tingkat Lycee mengajarkan bidang sesuai jurusan yang dipilih dari tahun pertama, yaitu antara: Sastra, Ilmu Ekonomi atau Sains. Dan pada saat lulus akan mendapatkan ijazah Baccoloreat yang dapat digunakan untuk memasuki universitas atau langsung pada pekerjaan profesional sesuai jurusannya.

sistem pendidikan di perancis

Pendidikan Tinggi (Enseigment Superiure)

Sistem pendidikan di Prancis pada tingkat pendidikan tinggi diselenggarakan dalam berbagai macam jurusan. Pada tingkat ini pelajar dipusatkan untuk belajar pada satu bakat dan kemampuan lebih fokus dan mendalam. Program pendidikan yang berkualitas tinggi dengan biaya pendidikan yang terjangkau.

Baca Juga  Maksimalkan Bahasa Perancismu Dengan Kursus Bahasa Perancis

Ada dua jenis pendidikan tinggi yaitu, universitas yang bersifat teoritis dan Grandes Ecoles yang bersifat teknis. Grandes Ecoles merupakan salah satu yang menjadi khas dalam sistem pendidikan di Prancis dengan akses masuk yang sulit dibanding universitas.

Untuk sekolah publik pada setiap jenjang di Prancis mendapatkan subsidi penuh dari pemerintah. Sehingga anak-anak di Prancis dapat mendapatkan pendidikan 16 tahun secara gratis . Sistem pendidikan di Perancis bersifat full day school mulai pukul 08.30 hingga 17.00.

untuk lebih lengkapnya, cek virtueducation.org ya!

Baca Juga  3 Alasan Penting Kenapa Kamu Harus Kuliah di Prancis

(Visited 304 times, 1 visits today)

Leave a Reply