Tata Bahasa Inggris Dasar: Struktur dan Bagian Kalimat

Tata Bahasa Inggris  – Dalam kemampuan speaking atau berbicara bahasa Inggris, terkadang tata bahasa tidak terlalu diperhatikan. Tapi itu hanya berlaku pada awal belajar atau bahasa Inggris sederhana. Untuk mengungkapkan bahasa Inggris yang lebih rumit, kalian memerlukan penguasaan grammar atau tata bahasa yang benar.

Itulah mengapa tata bahasa Inggris sangat penting, baik untuk komunikasi lisan maupun tertulis. Tanpa pemahaman tata bahasa yang baik, kalian bisa salah dalam menyampaikan maksud pembicaraan atau hanya mampu menyampaikan kalimat pendek dan sederhana.

Tata bahasa Inggris jumlahnya ratusan, tapi aturan dasarnya sebenarnya hanya mengacu pada dua hal saja: struktur kalimat dan bagian-bagian kalimat. Nah kali ini kita akan melihat lebih dekat apa itu struktur kalimat serta fungsi dari masing-masing bagiannya

Struktur kalimat

Sebelum membahas struktur kalimat, ada baiknya kita ketahui dulu apa itu pengertian kalimat dalam bahasa Inggris. Kalimat adalah sekelompok kata yang mininal terdiri dari subjek dan predikat.

Secara umum, struktur kalimat bahasa Inggris sama dengan bahasa Indonesia, yaitu terdiri dari subjek (subject), predikat (verb), objek (object), dan kata keterangan (adverbial).

Subject: students
Verb: read
Object: the books
Adverbial: in library
Kalimat: students read the books in library

  • Subjek

Subjek adalah orang, hewan, benda, tempat, kata kerja yang dibendakan, atau segala sesuatu dalam kalimat yang berkedudukan sebagai pelaku atau melakukan tindakan. Contoh,

Andy goes to school every morning (subjek orang)
Rice is eaten every day (subjek benda)
The monkey eats banana (subjek hewan)
Reading is the window of the world (kata kerja yang dibendakan)

  • Predikat

Predikat berupa kata kerja dan memberikan informasi aktivitas yang dilakukan atau keadaan subjek. Contoh,

Baca Juga  Persiapkan Diri Anda Untuk SAT Test Jakarta

Michael reads the book

Pada kalimat ini, “Michael” sebagai subjek dan “reads” menjadi predikatnya.

Selain itu, predikat juga bisa berupa “to be”, contoh

She is my mother

Pada contoh di atas, “is” berfungsi sebagai linking verb, yaitu verb yang menghubungkan subjek dan complement (pelengkap).

  • Objek

Objek adalah orang atau benda yang dikenai oleh tindakan subjek. Contoh,

Tom loves mathematics
My mother cooks fried rice

Bagian kalimat

Selain struktur kalimat, hal lainnya yang sangat mendasar dari tata bahasa Inggris adalah part of speech atau bagian-bagian kalimat. Part of speech terdiri dari kata-kata yang menyusun kalimat. Setiap kata yang ada dalam kalimat pasti masuk ke salah satu dari 8 bagian kalimat berikut ini

  • Verb (kata kerja)

Verb adalah kata yang menunjukkan suatu perbuatan atau tindakan. Ada 2 jenis verb, yaitu dynamic verb (tindakan) seperti play, read, eat dan stative verb (berhubungan dengan pikiran, emosi) seperti feel, see, like, hate, dll.

Bentuk kata kerja atau verbs juga bisa berubah berdasarkan waktu atau dikenal dengan istilah tenses. Jadi bentuk kata kerja bisa menunjukkan waktu terjadinya peristiwa tersebut, apakah lampau (past tense),saat ini (present tense), atau akan terjadi di masa depan (future tense)

  • Noun (kata benda)

Di dalam kalimat, noun bisa berupa nama orang, binatang, tempat, atau benda lainnya. Noun bisa berupa dalam bentuk singular (tunggal), seperti Michael, book, cat, school, Jakarta, dll ataupun plural (jamak) seperti books, cats, schools, dll.

  • Adjective (kata sifat)

Adjective bertugas untuk menggambarkan noun atau pronoun. Beberapa contoh adjective diantaranya small, beautiful, young, round, handsome, high, dll.

Contoh: I have a small house

  • Adverb (kata keterangan)
Baca Juga  3 Trik Mengerjakan Test TOEFL Untuk Dapatakan SCore Tinggi

Adverb akan memberikan informasi mengenai tempat, waktu, atau bagaimana suatu perbuatan atau “verb” itu terjadi.

Contoh: he walks slowly (adverbs of manner/keterangan cara)
I put the key under the bed (adverbs of place/keterangan tempat)
he is reading book now (adverbs of time/keterangan waktu)

  • Pronoun (kata ganti)

Pronoun adalah kata yang menggantikan kata benda atau noun, misalnya I, you, he, she, they , we, it, his, her, their, us, dll.

  • Preposition (kata depan)

Preposisi adalah kata yang digunakan untuk menghubungkan noun, pronoun ke bagian lain dari kalimat. Dan pronoun biasanya menunjukkan tempat (in, on), serta sering juga menunjukkan waktu, cara, alasan, maupun kepemilikan.

Contoh: the book in the bag (preposition of place)
The supermarket closes at 9.00 p.m (preposition of time)
I learn English because I want to study abroad (preposition of reason)

  • Conjunction (kata hubung)

Conjunction adalah kata yang digunakan untuk menghubungkan dua kata, frasa, atau klause. Beberapa kata yang digunakan sebagai tanda hubung diantaranya: and, or, but, however, nevertheles, who, which, dll.

Contoh: he in handsome and smart
I love English but I don’t like mathematics

  • Interjection (kata seru)

Interjection adalah kata yang digunakan untuk mengekspresikan emosi, baik marah, gembira, terkejut, sedih, jijik, dll. Biasanya orang mengungkapkannya dengan kata oh!, watch out!, bravo!, wow!, ouch!, dll.

Contoh: Wow! You look very beautiful
Ouch! You broke my hearth

(Visited 55 times, 1 visits today)

Leave a Reply