10 Manfaat Tes Minat Bakat Yang Harus Diketahui

Tes Minat Bakat – Semua orang pasti ingin mendapatkan yang terbaik dalam hidup. Tapi sayangnya ada banyak orang yang tidak mampu mengeluarkan seluruh potensinya hanya karena berada di bidang yang salah. Karena itu, sekarang ini beberapa organisasi atau perusahaan menggunakan tes minat bakat sebagai bagian dari proses rekrutmen.

Karena tes ini menjadi cara jitu untuk mengukur kemampuan seseorang, mengetahui bidang terbaik yang sesuai dengan bakatnya, sekaligus mengetahui keterbatasannya. Dan perusahaan pastinya ingin mendapatkan the right man in the right place.

Nah ingin tahu apa saja manfaat dan keuntungan tes minat bakat? Yuk ikuti ulasannya di bawah ini

1.Membantu menemukan bakat

Kalian mungkin tidak menyadari kalau memiliki bakat tersembunyi. Bahkan ada beberapa yang sudah lulus perguruan tinggi tapi masih belum tahu bakat atau bidang apa yang menarik bagi dirinya. Nah tes bakat ini akan mengungkap kemampuan rahasia kalian dan membantu meningkatkannya.

2.Memilih bidang terbaik untuk masa depan

Mungkin ada di antara kalian yang masih bingung dengan apa yang ingin dilakukan di masa depan. Tes minat dan bakat sangat sempurna bagi pelajar, mahasiswa, bahkan para profesional yang masih belum yakin dengan pilihan karir saat ini atau di masa depan.

Tes ini akan menganalisa passion, keterampilan, lalu merekomendasikan pekerjaan yang paling cocok bagi kalian. Bahkan terkadang ide pekerjaan yang direkomendasikan tidak terpikirkan sebelumnya.

3.Mengenal kelebihan dan kekurangan

Uji minat bakat ini juga akan membuat kalian mengenali diri sendiri dengan lebih baik. Karena tes dirancang untuk mengetahui kelebihan, kekurangan, serta kepribadian kalian.

Dengan pengenalan diri yang baik, akan lebih mudah bagi kalian untuk menentukan langkah pengembangan diri yang pada akhirnya memperbesar peluang untuk sukses.

Baca Juga  Berbagai Kelebihan dan Kekurangan Photoshop Portable CS4

4.Memudahkan perusahaan dalam proses perekrutan

Interview kerja terkadang dipengaruhi kondisi psikologis pelamar. Ada beberapa pelamar yang sangat percaya diri, tapi ada juga yang kurang menunjukkan kemampuannya akibat grogi berlebihan. Nah tes minat bakat ini akan menunjukkan kemampuan asli pelamar tanpa terbebani harus berhadapan dengan pewawancara.

5.Mendapat promosi

Beberapa perusahaan ada menjadikan ujian minat bakat sebagai salah satu tahap dalam menentukan promosi. Mereka ingin menempatkan orang yang tidak hanya berkompeten, tapi juga memiliki passion pada posisi tersebut. Orang yang ditempatkan sesuai dengan passionnya akan lebih survive saat menghadapi berbagai permasalahan pekerjaan.

Hasil uji ini umumnya dirahasiakan HRD. Dan kalau kandidat tersebut belum sesuai kriteria, biasanya HRD akan memberitahu apa saja yang harus dilakukan agar mencapai level yang diinginkan perusahaan.

6.Membantu mengetahui gambaran lengkap seseorang

Tes psikologi bakat akan memberi gambaran lengkap mengenai seseorang. Kita akan tahu berbagai data karyawan maupun pelamar seperti kekuatan, kelemahan, kemampuan bekerja mandiri dan kelompok, motivasi, dan lain sebagainya.

Tes yang sangat efektif, karena dalam waktu singkat perusahaan akan mendapat data sangat penting bagi kemajuan perusahaan tersebut.

7.Petunjuk untuk merubah arah

Bagi kalian yang sedang menjalani sebuah pekerjaan tapi masih bertanya-tanya apakah pekerjaan ini tepat. Kalian bisa menggunakan hasil tes bakat sebagai salah satu pengambil keputusan mau tetap lanjut atau mengubah arah. Tes ini akan menunjukkan pekerjaan lain yang bisa kalian pertimbangkan.

8.Menentukan jurusan studi

Masih banyak orang tua yang memaksakan anaknya untuk masuk ke jurusan atau sekolah favorit. Padahal jurusan favorit tidak menjamin kesuksesan anak, kalau ternyata jurusan tersebut tidak sesuai dengan bakat dan minat siswa.

Baca Juga  Cara Melacak HP Yang Hilang Dengan Gmail dan Google Maps

Memaksakan anak dengan jurusan yang tidak sesuai hanya akan membuatnya tidak enjoy dan tersiksa. Nah Tes psikologi bakat mampu melihat potensi maksimal dari seorang siswa. Ini akan membantu sekolah maupun orang tua dalam mengarahkan arah studi atau jurusan yang tepat bagi anak didik.

9.Memotivasi siswa

Siswa yang mengetahui hasil uji minat dan bakatnya segera tahu apa yang terbaik bagi dirinya di masa depan. Dengan arah yang lebih jelas, siswa menjadi termotivasi, semakin yakin dan akan berusaha semaksimal mungkin dalam menggapai cita-citanya.

10.Ikut membangun bangsa

Negara-negara maju unggul dalam kualitas SDM karena mereka sudah mengarahkan arah pendidikan siswa sedari kecil. Misalnya saja anak yang menonjol dalam keterampilan atau olahraga tapi kurang dalam bidang sains. Mereka tidak akan dipaksakan berdalam dalam dengan pelajaran Fisika, Matematika, Kimia, dan lain-lain.

Seandainya negara kita juga menggunakan tes ini untuk mengarahkan pendidikan siswa, tidak mustahil di masa depan kita akan memiliki SDM berkualitas tinggi dalam bidang apa saja. Karena sejak awal anak sudah fokus pada bidang tertentu.

Nah demikian 10 manfaat penting tes minat dan bakat bagi perkembangan seseorang. Melalui tes ini, setiap orang akan mengenal minat bakat mereka dan pada akhirnya tahu bidang apa yang harus ditekuni di masa depan. Semoga bermanfaat dan salam sukses ya!!

(Visited 23 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *