Tips Belajar Bahasa Inggris

Tips Belajar Bahasa Inggris Secara Otodidak dengan Mudah

Tips Belajar Bahasa Inggris – Beberapa dari kalian pasti sudah mempelajari bahasa Inggris sejak duduk di bangku sekolah bahkan sejak kalian mulai bersekolah di Taman Kanak-kanak bukan? Namun, masih banyak dari kalian yang belum mampu berbahasa Inggris dengan baik dan benar. Mengapa demikian? Bagaimana tips belajar bahasa Inggris yang mudah?

Ada faktor yang menyebabkan belajar menjadi sulit. Pertama, niat yang kurang dalam mempelajari bahasa Inggris. Kedua, kurangnya latihan setelah mempelajari bahasa Inggris. Dan ketiga, kurang memahami perbedaan dan persamaan struktur bahasa Indonesia dengan bahasa Inggris.

Baca juga : Perbedaan Photoshop Portable dan Photoshop Extended

Sebenarnya, mempelajari bahasa Inggris bukanlah hal yang sulit jika kita mengetahui langkah belajar bahasa Inggris yang tepat. Dengan mengikuti tips berikut kalian bisa belajar secara otodidak. Penasaran? Simak tips belajar bahasa Inggris berikut ini.

Tips Melatih Kemampuan Listening

Tips belajar bahasa Inggris yang pertama bisa dimulai dari hal yang sederhana, yaitu listening atau mendengarkan. Dengan mendengarkan kalian akan sedikit demi sedikit mengetahui beberapa kosakata dalam bahasa Inggris. Untuk bisa melatih kemampuan listening, kalian bisa mengikuti beberapa tips belajar bahasa Inggris berikut ini:

1. Menggunakan Lagu

Mendengarkan lagu sebenarnya adalah suatu aktivitas yang sering dilakukan oleh banyak orang di dunia. Sebagian orang menghabiskan setidaknya satu kali dalam sehari untuk mendengarkan berbagai jenis lagu. Selain dapat menghibur kalian, lagu juga bisa dijadikan sebagai media untuk melatih kemampuan listening dalam mempelajari bahasa Inggris loh.

Dengan begitu, mendengarkan lagu bisa bermanfaat sebagai tips belajar bahasa Inggris yang menyenangkan. Hal yang perlu kalian lakukaan saat belajar bahasa Inggris menggunakan lagu adalah, pertama menentukan tujuan pembelajaran, kedua mencari referensi lagu, dan mulai mendengarkan dengan memahami dan mencatat makna dan arti setiap bait lagunya.

2. Menggunakan Film

Menonton film mungkin seringkali dijadikan hobi bagi sebagian orang. Tapi tahukah kalian bahwa menonton film juga bisa kalian jadikan sebagai cara untuk mempelajari bahasa Inggris? Tentunya kalian harus menonton film yang menggunakan bahasa Inggris dalam percakapannya.

Agar kalian bisa mempelajari bahasa Inggris menggunakan film, kalian harus menonton film tanpa menggunakan subtitle. Melakukan hal tersebut memang bukan cara yang mudah, jika kalian tidak menggunakan tips belajar bahasa Inggris berikut. Sebab, percakapan native speaker dalam film cenderung cepat.

Baca Juga  Universitas Terbaik di Inggris 2019

Agar mudah menonton film tanpa subtitle hal yang perlu kalian lakukan adalah mengawalinya dengan menonton film yang mudah terlebih dahulu. Bagi kalian yang kesulitan, cobalah untuk menonton film anak-anak yang cenderung menggunakan percakapan yang tidak terlalu cepat.

Tips Belajar Bahasa Inggris

Dengan begitu kalian bisa melatih sedikit demi sedikit kemampuan listening dengan menonton film tanpa subtitle.

3. Mendengarkan Berita

Saat ini, informasi tidak datang dari dalam negeri saja. Melainkan juga bisa datang dari luar negeri akibat dari berkembangnya teknologi informasi. Itu sebabnya, kini kalian juga bisa mengakses berita dari luar negeri yang umumnya menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa universal.

Melihat fenomena ini, tentu kita harus pandai-pandai memanfaatkan peluang untuk melatih kemampuan listening bahasa Inggris. Apalagi semuanya disediakan secara gratis dan mudah diakses.

Tips belajar bahasa Inggris yang satu ini, bisa kita lakukan dengan menangkap setiap pesan atau informasi yang disampaikan dalam berita tersebut. Kemudian menerjemahkannya menggunakan bahasa yang kalian pahami. Bagi sebagian orang, banyak yang belum lancar untuk melakukan hal ini.

Oleh karena itu, kalian harus mengetahui jenis kata, lalu perhatikan juga kelas kata tersebut apakah termasuk kata kerja, kata sifat atau yang lainnya. Dan yang terpenting adalah memahami ide dari informasi yang disampaikan dalam berita yang kalian dengar.

Tips Melatih Kemampuan Speaking

Setelah melatih kemampuan listening atau mendengarkan, maka tips belajar bahasa Inggris otodidak selanjutnya adalah mencoba untuk mempraktekan pengetahuan yang sudah didapat dengan melatih kemampuan speaking atau berbicara.

Dalam mempelajari bahasa, maka tidak akan berguna apabila tidak dipraktekan secara langsung. Jika kalian belum mahir dalam speaking, kalian bisa mengawalinya dengan berlatih menggunakan tips belajar bahasa Inggris berikut ini:

1. Berlatih Dengan Teman

Dalam berbicara tentunya kita membutuhkan seorang partner untuk menanggapi setiap pembicaraan kita. Begitu pula dalam berlatih kemampuan speaking bahasa Inggris. Kalian bisa mengajak teman dekat atau keluarga dekat untuk membantu kalian melatih kemampuan speaking.
Kalian bisa memulainya dengan mempraktekkan percakapan sehari-hari yang santai. Misalnya, Introducing, Greeting, Apologizing, Responding, Asking and Giving for information, Offering help danlain sebagainya.

Baca Juga  Simple Future Tense: Konsep, Rumus, dan Contoh Dalam Kalimat

2. Membuat Video dan Upload ke Youtube

Tips belajar bahasa Inggris yang bisa kalian lakukan selanjutnya adalah dengan membuat sebuah video. Tentunya video yang kalian buat harus menggunakan bahasa Inggris, temanya pun bebas kalian tentukan sendiri. Dengan membuat video, kalian bisa melatih kemampuan speaking sekaligus juga melatih mimik wajah saat berbicara. Selain mimik wajah, kalian juga bisa menilai body language yang seringkali
tidak kalian ketahui saat mempraktekan speaking.

Saat video sudah selesai kalian buat, waktunya untuk mengevaluasi kekurangan kalian saat mempraktekan speaking. Jika video yang dibuat sudah bagus, kalian juga bisa mengunggahnya di Youtube agar bisa dilihat oleh banyak orang lagi.

3. Meggunakan Media Chatting

Saat ini sudah bukan hal yang sulit untuk menemukan media chatting online. Sebab, sudah banyak media yang menyediakan fitur chatting secara online yang bisa kalian gunakan untuk melakukan komunikasi jarak jauh. Adapun media chatting yang bisa kalian gunakan adalah seperti Whatsapp, Line, Kakaotalk, Telegram, Messengger, dan masih banyak lainnya.

Dibalik banyaknya fitur chatting yang terdapat pada media chatting, beberapa diantaranya dapat kalian manfaatkan sebagai media dalam melatih kemampuan speaking kalian loh. Salah satunya adalah dengan menggunakan fitur voice call, yang bisa kalian gunakan untuk melatih kemampuan speaking. Kelebihan dari penggunaan media chatting ini, kalian bisa mencari teman yang native speaker sebanyak-banyaknya dengan mudah. Dengan begitu kalian akan dengan mudah berbicara menggunakan bahasa Inggris dengan mereka.

Tips Melatih Kemampuan Reading

Bagi sebagian orang melakukan kegiatan membaca adalah hal yang membosankan. Tak heran jika tingkat literasi orang Indonesia sangat jauh dari negara lainnya di Asia. Akan tetapi, setidaknya kalian juga harus memiliki kemampuan membaca dalam bahasa Inggris. Jika sebelumnya kalian sudah menjalankan tips melatih kemampuan listening, maka seharusnya kini kalian juga sudah sedikit
mempunyai kemampuan reading.

Dalam membaca teks bahasa Inggris, kalian tidak harus membacanya secara keseluruhan. Jika kalian sedang mencari sebuah informasi dalam teks bahasa Inggris, kalian cukup menggunakan teknik skimming yaitu sebuah teknik untuk mencari intisari dari suatu pokok bacaan berupa ide pokok atau hal detail lainnya yang sedang kalian cari.

Baca Juga  Contoh Kalimat Adjective, Jenis dan Penjelasan Lengkap

Dalam melatih kemampuan reading, banyak media yang bisa kalian gunakan seperti majalah, berita harian di koran maupun media massa lainnya, bahkan postingan seseorang dalam media sosial juga bisa kalian manfaatkan untuk dijadikan sebagai media melatih kemampuan reading. Saat membaca teks bahasa Inggris, jangan lupa juga untuk mencatat kata yang tidak kalian pahami untuk menambah pengetahuan vocabulary.

Tips Melatih Kemampuan Writing

Tips belajar bahasa Inggris yang terkhir adalah berkaitan dengan kemampuan writing atau menulis. Tidak semua orang memiliki kemampuan writing yang baik. Sebab, menulis adalah kegiatan yang dalam prakteknya tidak semudah speaking. Untuk menulis dalam bahasa Inggris setidaknya kalian harus memperhatikan tata bahasa yang benar.

Jadi, kita harus memahami terlebih dahulu pengguanaan tenses dan aturan gramatikal lain. Agar lebih mudah, berikut ini adalah tips belajar bahasa Inggris pemula untuk melatih kemampuan writing:

1. Rutin Menulis Buku Harian

Mungkin menulis buku harian adalah hal yang kuno di zaman sekarang. Tapi siapa sangka bahwa aktivitas ini sangat bermanfaat untuk melatih kemampuan writing kalian. Hal ini sudah banyak dibuktikan oleh guru bahasa Inggris yang senantiasa mewajibkan muridnya untuk menulis buku
harian dalam bahasa Inggris. Jika hal ini rutin kalian lakukan, maka kemampuan writing atau menulis kalian pun akan semakin terlatih. Oleh karena itu, kalian harus membiasakan diri untuk menulis apa pun dalam buku harian menggunakan bahasa Inggris dari sekarang secara rutin

2. Menulis di Media Sosial

Jika kalian masih belum terbiasa untuk menuliskan kalimat yang panjang dalam bahasa Inggris, kalian bisa mencoba untuk mulai menulis di media sosial terlebih dahulu. Kalian bisa menulis beberapa kalimat pendek di akun Facebook, Twitter, maupun media sosial lainnya. Tidak perlu malu untuk memulai menuliskan kata-kata bahasa Inggris di media sosial, salah sedikit adalah hal yang wajar.

Dengan kesalahan itu, kalian bisa belajar untuk menulis yang lebih baik lagi.Nah, itu dia beberapa tips belajar bahasa Inggris yang bisa kalian lakukan. Belajar bahasa Inggris itu bukan hal yang susah loh, jika kita memiliki niat dan kemauan yang tinggi untuk berusaha. Jangan
pantang menyerah ya! Selamat mencoba.

(Visited 19 times, 1 visits today)

Leave a Reply