Memaksimalkan Browsing Dengan Web Browser Pilihan

Web Browser – Masa sekarang ini bisa disebut sebagai eranya internet. Karena internet sudah memasuki di semua bidang kehidupan. Saat ingin tahu kejadian yang ada di belahan dunia lain, kita bisa segera mendapat informasi dengan berselancar di internet.

Bahkan bisa dibilang tidak ada satupun industri yang tidak berhubungan dengan internet. Nah saat mengakses situs website, kita pasti memerlukan yang namanya web browser. Lalu apa sih sebenarnya pengertian web browser itu?

Jika dilihat dari penyusun kata, web browser terdiri dari dua suku kata: web (singkatan dari website) dan browser (media penjelajah). Jadi bisa kita katakan bahwa web browser adalah media atau alat untuk menjelajahi website yang ada di internet.

Dengan bantuan web browser pula, kalian bisa menikmati dokumen teks, gambar, audio, video, game, dan konten lainnya yang ditampilkan di halaman website.

Fungsi web browser

Fungsi web browser yang tampak kasat mata memang untuk membuka halaman website. Tapi fungsi sebenarnya adalah rendering serta menerjemahkan kode-kode HTML atau kode yang digunakan untuk mendesain halaman web.

Setiap kali web browser memuat halaman web, sebenarnya dia sedang memproses perintah HTML (Hyper Text Markup Language). HTML sendiri bukan termasuk bahasa pemrograman, tapi dia digunakan untuk menyusun teks, paragraf, heading, ataupun link pada halaman web.

Tips pemilihan web browser

Orang Indonesia terkenal di seluruh dunia sebagai pengguna internet, terutama medsos. Ada lebih dari 170 juta orang atau sekitar 65% penduduk Indonesia yang terhubung ke internet. Dan berselancar bisa dilakukan dengan mudah karena memang web browser sudah terpasang di komputer mereka.

Tapi pernahkah kita berusaha memilih web browser terbaik? Apa saja ciri-ciri web browser bisa dikatakan bagus?

•Kecepatan

Gambar dan video yang mendominasi internet membuat web browser harus bisa memuat halaman web dengan cepat. Video berdurasi 300 jam setiap menitnya diunggah di Youtube, sementara halaman Facebook dilihat 8 Miliar kali oleh 500 juta orang saja.

Baca Juga  10 Aplikasi Kamera Paling Keren Untuk Android

Dengan pertumbuhan halaman web yang semakin interaktif, website harus bisa menampung peningkatan jumlah data serta pengguna yang semakin banyak.

•Keamanan

Keamanan menjadi hal utama yang dibutuhkan saat kita browsing di internet. Karena malware menjadi ancaman nyata yang bisa menginfeksi komputer melalui email yang masuk atau download softwareyang sudah terinfeksi.

Serangan malware bisa mengakibatkan sistem komputer kita rusak atau kebocoran data, seperti yang pernah terjadi pada Facebook, Marriot, dan Quora. Dan dengan web browser yang aman, kalian bisa berharap bisa berselancar dengan lebih nyaman.

•Simpel

Web browser yang baik juga harus simpel, mudah digunakan, dan tidak boleh mengambil layar terlalu banyak. Ruangan di layar sebaiknya lebih banyak digunakan untuk memuat konten, karena itu yang dibutuhkan pengguna internet.

Macam macam web browser

Bagi pengguna internet, web browser adalah inti. Setiap hari, jutaan orang mengunjungi situs web melalui web browser. Llima besar web browser, yaitu Google Chrome, Mozilla Firefox, Internet Explorer, Safari dan Opera masih menguasai sekitar 95% lalu lintas web.

Dan meskipun memiliki fungsi yang hampir sama, setiap web browser memiliki perbedaan dalam beberapa hal, diantaranya

•Sistem Operasi: Windows, Linux, Mac, Unix
•Protokol: FTP, HTTP, SAMBA, SFTP
•GUI (Graphical User Interface)
•Open source atau close source, dll

Walaupun ada perbedaan, tapi secara umum, fasilitas dan fitur utama yang ditawarkan hampir sama. Setiap web browser pasti menyediakan fitur download, bookmark, password management, customization option, save tabs, dan masih banyak lagi.

Selain itu, mereka juga menyediakan fungsi-fungsi seperti pop-up blocker, anti virus, anti spyware, clear data, maupun terintegrasi dengan search engine.

1.Google Chrome

Browser yang dikembangkan oleh Google ini bisa dibilang sebagai browser terpopuler. Saat ini hampir 70% pengguna internet di seluruh dunia yang menggunakan Google Chrome. Salah satu fitur utama yang ditawarkan Google Chrome adalah peringatan adanya malware dan phising saat kita sedang berselancar.

Baca Juga  Cara Membuat Formulir Online Lewat Google Form dan Kirim File Lewat Google Drive

Mereka juga memiliki Chrome Store yang membuat kalian bisa mengunduh ratusan ekstensi secara gratis. Ada banyak aplikasi yang tersedia di Chrome Store yang bisa kalian gunakan untuk kepentingan pribadi.

2.Mozilla Firefox

Web browser yang dikeluarkan oleh Mozilla Corporation ini bisa dibilang kompetitor kuat Internet Explorer. Tiap tahun ada ratusan juta kali unduhan Mozilla Firefox. Dan sejak dirilis pada Februari 2004, penjualan Internet Explorer langsung turun drastis.

Salah satu kelebihan Mozilla adalah berorientasi pada nirlaba. Sehingga mereka tidak memiliki keinginan menjual data penggunan seperti yang dilakukan pengembang browser lainnya. Mozilla juga terus mengupdate dan mengembangkan perlindungan terhadap privasi penggunanya.

Tambahan terbaru yang ada pada Mozilla Firefox adalah bebas password untuk login serta pemblokiran otomatis terhadap iklan.

3.Internet Explorer

Internet Explorer (IE) merupakan web browser bawaan sistem operasi Windows. Dirilis pertama kali pada tahun 1995, Internet Explorer menjadi salah satu contoh web browser yang telah mengalami pasang surut.

Pada tahun 1999 hingga 2004, Internet Explorer bisa dibilang menjadi raja web browser dengan menguasai sekitar 95% pangsa pasar. Saat ini mereka memiliki market share tidak lebih dari 8%, di bawah Google Chrome dan Mozilla Firefox.

Kenapa Internet Explorer disalip para pesaingnya? Karena mereka memiliki masalah terbesar dalam hal kecepatan start up. Tetapi mereka tampaknya terus berbenah. Keluaran terbarunya, yaitu Internet Explorer 11 tampak kuat, bersih, dan sangat compatible.

4.Opera

Web browser yang dikembangkan oleh Opera Software pada tahun 1996 ini kompatibel dengan beberapa sistem operasi, seperti Microsoft Windows, Linux, Mac OS X, serta Solaris. Sehingga agak mengherankan juga kalau browser sebagus ini hanya memiliki market share sekitar 1%.

Baca Juga  8 Mesin Pencari Selain Google Yang Perlu Kalian Coba

Karena Opera benar-benar memiliki kualitas tinggi. Opera mampu meluncur dengan cepat, user interfacenya sangat bersih, serta memiliki fitur standar sebagaimana web browser lainnya. Tampilan yang simple membuat Opera sangat recommended untuk digunakan para pendatang baru dalam internet maupun anak-anak sekolah.

5.Safari

Web browser yang dikembangkan oleh Apple Inc ini tidak hanya kompatibel dengan Mac OS X, tapi kompatible juga dengan iPhone OS dan Microsoft Windows. Safari sangat support dengan beberapa teknologi terbaru seperti XHTML, CSS2, dll.

Safari hadir dengan fitur yang kalian butuhkan, seperti “Grammar Checking” yang akan memeriksa kalimat yang kalian ketik, pop-up blocking, serta memiliki salah satu RSS-reading terbaik diantara web browser lainnya.

6.Microsoft Edge

Cerita tentang Microsoft seperti tiada habisnya. Walau sudah memiliki Microsoft Internet Explorer, mereka masih saja mengeluarkan web browser lainnya. Microsoft sendiri menggambarkan Microsoft Edge sebagai web browser user friendly yang terinstal secara default di Windows 10.

Salah satu kelebihan Microsoft Edge adalah kemampuannya menghilangkan protokol tidak aman seperti ActiveX. Walau belum terlalu populer, Microsoft Edge menawarkan pengalaman browsing yang cepat dan nyaman.

7.Lynx

Awalnya Linx hanyalah software yang digunakan di lingkungan kampus University of Kansas. Lalu Lynx diluncurkan ke publik pada tahun 1992. Dan Lynx termasuk sebagai web browser lintas platform. Kalian bisa menggunakannya di Unix, DOS, Windows, Mac Os, dan lainnya.

(Visited 22 times, 1 visits today)

Leave a Reply